Berita Bisnis

Beberapa Harga Bahan Pokok di Banjarmasin Mulai Turun, Disdag Kalsel Yakin Kembali Stabil

di pasar Sentra Antasari dan Banjarbaru, bawang merah sebelumnya sempat mencapai Rp 35 ribu/kg, sekarang Rp 30 ribu - Rp 32 ribu/kg.

Penulis: Salmah | Editor: Eka Dinayanti
disdag kalsel
Pantauan Dinas Perdagangan kebeberapa pasar melihat perkembangan harga bahan pokok. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Harga beberapa bahan pokok jelang Idul Fitri sempat mengalami kenaikan, kini berangsur mengalami penurunan.

Pantauan Banjarmasin Post, Kamis (12/5/2022), di pasar Sentra Antasari dan Banjarbaru, bawang merah sebelumnya sempat mencapai Rp 35 ribu/kg, sekarang Rp 30 ribu - Rp 32 ribu/kg.

Ayam pedaging ukuran besar sempat mencapai Rp 70 ribu/ekor, terkini Rp 60 ribu/ekor.

Halimah, pedagang ayam di Banjarmasin, mengatakan, walaupun harga ayam sudah mulai turun, tetapi pembeli tidak banyak.

"Pasaran ayam dingin, kurang permintaan dari pembeli," tandasnya.

Drs H Birhasani, Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Provinsi Kalsel, mengatakan, saat jelang lebaran bawang merah mengalami kenaikan tetapi tidak terlalu besar, dan kini mulai berangsur turun dan sekarang bahan pokok lainnya terbilang stabil.

Baca juga: Minyak Goreng Curah di Sentra Antasari Banjarmasin Masih Dijual Rp15 ribu Per Liter

Baca juga: Di Ritel Modern Banjarmasin, Harga Minyak Goreng Kemasan Tetap Mahal

Kenaikan harga tersebut diakibatkan beberapa hal, yakni tingginya permintaan masyarakat akan kebutuhan memenuhi keperluan hari raya, terlebih H-1 pedagang sudah mulai banyak yang tutup dan ketersediaan terbatas, karena pedagang menurunkan stoknya disebabkan mereka akan tutup toko beberapa hari pada Idul Fitri

Selanjutnya Birhasani menjelaskan, begitu H+1 ketersediaan terbatas, toko juga belum buka semua, sementara permintaan masih cukup tinggi, ini berakibat memicu kenaikan harga.

Namun demikian mulai H+4 hingga sekarang beberapa jenis barang yang tadinya mengalami kenaikan, kini sudah berlangsung turun dan normal kembali.

"Kami yakin dalam minggu depan semua harga Bapok akan normal dan stabil kembali seperti sebelum lebaran," katanya.

Baca juga: Harga Bahan Pokok di Kabupaten Tapin Berangsur Normal Setelah Idul Fitri 1443 H

Birhasani, juga menyatakan, Dinas perdagangan Provinsi Kalsel dan Kabupaten/kota akan selalu memonitor perkembangan harga selanjutnya.

Namun yang paling penting adalah dalam menghadapi hari-hari berikutnya ketersediaan Bapok cukup besar dan aman bagi pemenuhan keperluan warga.

"Pedagang tentunya diminta untuk segera menyesuaikan keharga normalnya, jangan menaikkan harga secara tidak wajar. Konsumen diminta kembali segera berhemat sesuai keperluan, tidak berbelanja berlebihan apalagi menimbun," imbaunya.

(banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved