Berita Tanahlaut

Bus Angkutan Massal BRT Banjarbakula Jamah Batibati Kabupaten Tanla, Ini Sebaran Haltenya

Sejak 16 April 2022 lalu angkutan massal Bus Rapid Transit Banjarbakula mulai menjamah Tanahlaut, meski hanya sampai Batibati.

Penulis: Idda Royani | Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/roy
 Warga antusias menaiki bus angkutan massal Teman Koridor 4 Banjarbakula di Halte SMAN 1 Batibati, dua hari lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Sejak 16 April 2022 lalu angkutan massal Bus Rapid Transit (BRT) Banjarbakula mulai menjamah Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), meski hanya sampai di Kecamatan Batibati.

Keberadaan angkutan massal yang nyaman tersebut langsung mendapat animo tinggi masyarakat di daerah ini.

Pantauan banjarmasinpost.co.id sejak beberapa hari lalu, cukup banyak warga yang mulai memanfaatkan angkutan wah layaknya busway di Jakarta tersebut.

Bahkan sejumlah warga Pelaihari (ibu kota Tala) pun ada yang sengaja datang ke Batibati untuk sekadar menjajal layanan angkutan baru tersebut.

"Alhamdulillah sekitar lima hari lalu sudah mencobanya. Sangat nyaman dan memuaskan," ucap Nursuadi, warga Pelaihari, Kamis (12/5/2022).

Baca juga: Tangani Serangan Tungro, Distanhorbun Kabupaten Tanahlaut Salurkan Insektisida ke Para Petani

Baca juga: Ditemukan Meninggal di Rumah, Pegawai Kecamatan Panyipatan Tala Diduga Alami Komplikasi Penyakit Ini

Ia menuturkan menjajal angkutan massal tersebut bersama kedua anaknya.

"Kemarin itu menjajal bepergian ke Kota Banjarmasin. Pokoknya keren dan sangat enak, full AC dan lapang, apalagi gratis. Anak-anak sangat kegirangan dan pingin lagi," tandasnya.

Senada diutarakan Naning, warga Desa Nusanindah, Kecamatan Batibati.

Perempuan tua ini mengaku telah dua kali memanfaatkan angkutan massal tersebut.
Terkini ia menaiki bus itu pada Kamis kemarin.

"Kemarin itu dari Banjarmasin saya naiknya di halte sekitar Pasar Sudimampir dan turun di halte di depan SMAN 1 Batibati. Enak banget, dingin ber-AC," ucapnya.

Kepala Dinas Perhubungan Tala Gentri Yuliantono menuturkan ujicoba operasional Teman Koridor 4 BRT Banjarbakula dilakukan pada 14 April 2022 dan terlaksana lancar sehingga kemudian efektif operasional secara penuh mulai 16 April.

Dikatakannya, operasional Teman Koridor 4 BRT tersebut dengan program buy the service (BTS) Banjarbakula dari Terminal Tipe A Gambut Barakat di kawasan Jalan A Yani Km 17 Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar-Kecamatan Batibati.

"Jam operasionalnya mulai pukul 05.00 Wita hingga sekitar pukul 21.00 Wita tiap harinya. Ada 19 unit bus yang dioperasionalkan dengan kapasitas 17 kursi," papar Gentry.

Baca juga: HSS Diguyur Hujan Semalaman, Warga Diminta Waspada, Bendungan Malutu Masih Normal

Baca juga: Kunjungi, Menara 33 yang Unik dan Menarik di Pusat Kota Banjarbaru Kalsel

Ada 14 unit halte yang telah ditetapkan sejak dari Terminal Gambut Barakat hingga tujuan akhir di halte kantor Kecamatan Batibati.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved