Narkoba di Banjarmasin

Ditresnarkoba Polda Kalsel Musnahkan Narkoba, 5 Kg Sabu dan 20 Gram Ganja Diblender

Ditresnarkoba Polda Kalsel memusnahkan barang bukti kejahatan narkoba. Sebanyak 5 kg sabu dan 20 gram ganja diblender

Penulis: Achmad Maudhody | Editor: Hari Widodo
Humas Polda Kalsel untuk BPost
Pemusnahan 5 kg lebih sabu dan 20 gr lebih ganja barang bukti kejahatan narkoba oleh Ditresnarkoba Polda Kalsel, Rabu (18/5/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Kalsel memusnahkan barang bukti kejahatan narkoba hasil pengungkapan sejumlah kasus peredaran gelap dan atau penyalahgunaan narkoba di wilayah Kalsel, Rabu (18/5/2022).

Dalam pemusnahan yang digelar di Direktorat Tahti Polda Kalsel, Jalan DI Pandjaitan, Kota Banjarmasin ini, ada dua jenis narkoba yang dimusnahkan yakni 5 kg lebih atau tepatnya 5.145,42 gram sabu dan 20,57 gram ganja. 

"Barang bukti yang dimusnahkan ini dari 31 laporan polisi," kata Direktur Reserse Narkoba Polda Kalsel, Kombes Pol Tri Wahyudi melalui Ps Kabag Bin Opsnal, Kompol Deddi D Siregar. 

Menjadi cara pemusnahan yang efektif, barang bukti sabu dan ganja tersebut dimusnahkan dengan cara dicampur dengan air dan diblender hingga seluruhnya larut. 

Baca juga:  Diringkus di Penyeberangan Ferry Pontianak, Anggota Polri di Kalbar Ini Terbukti Bawa 200 Gram Sabu

Baca juga: Empat Lelaki Diduga Pengedar Sabu Diringkus Satresnarkoba Polres Tanah Bumbu Kalsel

Selanjutnya, larutan tersebut dibuang ke saluran pembuangan. 

Pemusnahan juga dilakukan bersama dengan sejumlah stakeholder termasuk perwakilan dari BNNP Kalsel, Kejati Kalsel, Biddokkes Polda Kalsel, Balai Besar POM di Banjarmasin dan LKBH ULM. 

Tak cuma itu, sebanyak 37 tersangka yakni 36 laki-laki dan 1 perempuan juga turut dihadirkan menyaksikan langsung pemusnahan narkoba yang membuat mereka berurusan dengan hukum. 

"Ini dimaksudkan agar ada efek jera dan para tersangka ini tidak mengulangi kesalahannya," ujar Kompol Deddi. 

Dari total 5.145,42 gram sabu yang dimusnahkan, 1.929,79 gram merupakan barang bukti dari pengungkapan Jajaran Subdit 1, 305,65 gram barang bukti pengungkapan oleh Subdit 2 dan 2.907 gram barang bukti dari pengungkapan oleh Subdit 3 Ditresnarkoba Polda Kalsel

Sedangkan 20,57 gram ganja merupakan barang bukti pengungkapan kasus narkoba oleh Jajaran Subdit 2. 

Baca juga: Jual Sabu, Residivis Narkoba Kembali Dibekuk Satresnarkoba Polres Tabalong

"Pemusnahan barang bukti ini, sebagai bentuk pertanggungjawaban dan menunjukkan bahwa Polda Kalsel berkomitmen untuk memberantas peredaran gelap narkoba dalam rangka menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif," kata Kompol Deddi. 

Dalam kesempatan ini, Ia juga mengimbau seluruh pihak untuk berkomitmen menjauhkan diri dari narkoba dan bersama-sama menyatakan perang terhadap narkoba. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody) 
 

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved