Berita Banjarmasin

Ciputra Mitra Hospital Banjarmasin Salurkan Dana CSR untuk 1.000 Pekerja Bukan Penerima Upah

Ciputra Mitra Hospital Banjarmasin menyerahkan dana melalui program Corporate Social Responsibility (CSR)

Penulis: Salmah | Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/salmah
Penyerahan secara simbolis kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dan CSR oleh dr Sony Prabowo (batik biru) Pjs Direktur Ciputra Mitra Hospital Banjarmasin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Mendukung Program Gerakan Nasional Perduli Perlindungan Pekerja Rentan (GN Lingkaran) Badan Penyelenggara Jamsostek, Ciputra Mitra Hospital salurkan dana CSR untuk 1000 Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU).

Ciputra Mitra Hospital yang berlokasi di JI A Yani Km 7,8 Kompleks Perumahan Citraland, Kalsel, menyerahkan dana melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) pada kesempatan Corporate Gathering Halal bihalal di Hotel Rattan Inn, Banjarmasin, Sabtu (21/5).

Dana yang diberikan kepada 1.000 tenaga kerja informal atau PBPU tersebut untuk untuk iuran kepesertaan BP Jamsostek (BPJS Ketenagakejaan) selama tiga bulan.

Pada acara tersebut juga dilakukan penyerahan secara simbolis kartu kepesertaan BP Jamsostek kepada beberapa perwakilan PBPU.

Baca juga: Chef Agus Sasirangan Buka Dedaunan, Pusat Oleh-oleh Baru di Kota Banjarmasin

Baca juga: Tenggelam di Sungai Kuin, Pelajar SMA PGRI 6 Banjarmasin Ini Terjun ke Air Usai Bermain Futsal

Hadir di antaranya Kepala Kantor Cabang BP Jamsostek Banjarmasin, Bunyamin Najmi dan Pjs Direktur Ciputra Mitra Hospital Banjarmasin dr Sony Prabowo.

Bunyamin menjelaskan, CSR dalam rangka Program Gerakan Nasional Perlindungan Jaminan Sosial Bagi Pekerja Rentan (GN Lingkaran) ini merupakan program bantuan kepada kelompok masyarakat PBPU.

"Dengan demikian mereka yang penghasilannya tidak tetap dan sangat terbatas ini juga mendapat perlindungan jaminan sosial BP Jamsostek Ketenagakerjaan," tukasnya.

Adapun dr Sony menyampaikan, keterlibatan Ciputra Mitra Hospital dalam program GN Lingkaran selain terkait CSR sekaligus pula sebagai bentuk perwujudan komitmen dalam mendorong upaya pemerataan kesejahteraan sosial masyarakat.

"Melalu program CSR ini diharapkan mampu memberikan perlindungan bagi para pekerja rentan, terutama bagi mereka yang memiliki risiko pekerjaan yang sangat besar antara lain pengemudi ojek, sopir angkutan umum, pedagang keliling, pekerja bangunan dan pekerja informal lainnya," jelas dr Sony.

Bantuan iuran jaminan kecelakaan kerja maupun jaminan kematian yang diberikan oleh Ciputra Mitra Hospital diharapkan mampu memberikan rasa aman dalam bekerja bagi para pekerja rentan tersebut.

Pada kesempatan tersebut juga diadakan sharing session, edukasi kesehatan dengan narasumber dr. Andreas Marojahan Haratua Siagian, Sp. OT (K), Dokter Spesialis Bedah Ortopedi Dan Troumotologi Ciputra Mitra Hospital Banjarmasin dan dr. Juliana Luwiharto Sp. Ok, Dakter Spesialis Okupasi Ciputra Healtheare.

Diawali penjelasan dr Juliana, adapun tata cara laporan kecelakaan kerja yakni penanggung jawab ruangan/unit/bagian yang mengalami kecelakaan mengisi formulir Laporan Kecelakaan Kerja tentang kejadian kecelakaan.

Penanggung jawab ruangan/unit/bagian, tempat personel bertugas melaporkan kejadian kecelakaan kerja kepada Tim K3.

Baca juga: LPSE Lelang Ulang Pekerjaan Jalan Lontar-Tanjung Seloka Kotabaru

Baca juga: Tabrakan dengan Sigra dan Avanza di Lianganggang Banjarbaru, Pengendara Motor Tewas Seketika

Sekretaris Tim K3 membuat Laporan Kecelakaan Kerja dan melaporkan kepada Ketua Tim K3.
Membuat laporan kejadian kecelakaan kerja tiap bulan dan dilaporkan kepada Ketua Tim K3.

Selanjutnya membuat laporan tahunan sebagai evaluasi dan tindak lanjut.

dr Andreas mengatakan, perusahaan yang memiliki tenaga kerja perlu ada tenaga medis sebagai bentuk perhatian.

Sehingga apabila ada kecelakaan kerja bisa dilakukan pertolongan pertama dengan penanganan yang tepat.

Cara penanganan awal terhadap kecelakaan dengan ABC (primary), yaitu Alrway, Breathing Circulation, pertahankan tensi dan nadi dan hentikan perdarahan korban.

(banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved