Keberangkatan Haji 2022

89.715 Calon Jemaah Haji Sudah Lakukan Pelunasan, Sisanya 2.531 Diambil dari Cadangan

Sebanyak 89.715 calon jemaah haji sudah melakukan pelunasan dan konfirmasi keberangkatan haji 1443 H/2022 M.Sisanya 2.531 diambil dari cadangan.

Editor: M.Risman Noor
twitter @Hajministry
Jemaah Haji di depan kabah. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Pelunasan haji sudah mulai dilakukan sejumlah jemaah haji Indonesia.

Tahun ini sebanyak 92.246 jemaah haji diberangkat ke tanah suci setelah dua tahun dilanda pandemi Covid-19.

Lalu bagaimana sisanya sebanyak 2.531 orang?

Pemerintah akan memberangkatkan jemaah haji cadangan yang telah melakukan pelunasan.

Direktur Layanan Haji Dalam Negeri Kemenag Saiful Mujab mengatakan, kuota haji 1443 H/2022 M reguler tersisa 2.531 dari total kuota haji reguler sebanyak 92.246.

Baca juga: Polisi Gadungan Terkapar dan Koma, Kabur Dari Kejaran Korban dan Menghantam Polisi Tidur

Baca juga: Panglima TNI Andika Perkasa Kunjungi Ketua PBNU, Gus Yahya Hadiahi Sorban Hijau

Saat ini, kata dia, sebanyak 89.715 calon jemaah haji sudah melakukan pelunasan dan konfirmasi keberangkatan haji 1443 H/2022 M.

"Artinya, sudah 97,26 % dari kuota jemaah haji reguler yang berjumlah 92.246. Ini belum termasuk kuota Petugas Haji Daerah dan pembimbing yang berasal dari KBIHU," kata Mujab dalam keterangan tertulis, Minggu (22/5/2022).

Mujab mengatakan, 2.531 kuota haji yang tersisa itu akan diisi oleh jamaah berstatus cadangan yang telah melakukan pelunasan dan konfirmasi keberangkatan.

Dalam waktu yang bersamaan dengan proses pelunasan dan konfirmasi keberangkatan bagi jemaah haji, pihaknya juga memberi kesempatan bagi jemaah dengan status cadangan untuk melakukan pelunasan dan konfirmasi keberangkatan.

Hingga saat ini, total ada 12.294 jemaah dengan status cadangan telah melakukan pelunasan dan konfirmasi keberangkatan.

"Sisa kuota 2.531 akan diisi jemaah dengan status cadangan yang jumlahnya mencapai 12.294, kalau melihat dari sisi jumlah, jemaah cadangan jauh lebih besar dari sisa kuota yang ada. Jadi sudah akan terisi semua," ujar dia.

Calon jemaah haji saat mengikuti praktik Armuna, Arafah, Musdalifah, Min di Halaman Pendopo Bersinar, Kota Tanjung, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan.
Calon jemaah haji saat mengikuti praktik Armuna, Arafah, Musdalifah, Min di Halaman Pendopo Bersinar, Kota Tanjung, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan. (PEMKAB TABALONG)

Mujab menjelaskan, mekanisme pengisian sisa kuota tersebut sudah diatur dalam Surat Keputusan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nomor 157 tahun 2022.

Dia mengatakan, ada dua ketentuan dasar dalam SK Dirjen PHU tersebut.

Pertama, apabila sampai akhir pelunasan Bipih Tahun 1443 H/ 2022 M terdapat sisa kuota jemaah haji reguler, kuota petugas pembimbing ibadah haji yang berasal dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah, dan atau kuota Petugas Haji Daerah, sisa kuota digunakan untuk Jemaah Haji Reguler nomor porsi berikutnya dalam satu provinsi.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved