PT PLN Persero UIW KSKT

Ekonomi Bangkit, Konsumsi Listrik Tumbuh 3,61 Persen Kuartal 1 2022

PT PLN UIW Kalselteng mencatat positif pertumbuhan energi listrik, seiring mulai pulihnya aktivitas masyarakat dari pandemi Covid-19.

PT PLN PERSERO UIW KSKT
PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UIW Kalselteng) mencatat positif pertumbuhan energi listrik, seiring mulai pulihnya aktivitas masyarakat dari pandemi Covid-19. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UIW Kalselteng) mencatat positif pertumbuhan energi listrik menjadi 3.61 persen (YoY) dari April tahun lalu dari 1.521,36 Giga Watt Hours (GWh) menjadi 1.576,30 GWh pada April 2022.

Pertumbuhan terjadi seiring mulai pulihnya aktivitas masyarakat dari pandemi Covid-19.

"Meningkatnya konsumsi listrik di Provinsi Kalsel dan Kalteng menjadi sinyal bahwa perekonomian mulai bangkit, aktifitas masyarakat kembali pulih dari pandemi Covid-19 sehingga mendorong konsumsi listrik menjadi lebih banyak. Terutama di Sektor Bisnis dan Industri tercatat semakin meningkat," ungkap GM PLN UIW Kalselteng Tonny Bellamy dalam keterangan di Banjarbaru, Selasa (24/5/2022).

Diungkapkannya, sektor Industri merupakan salah satu penyumbang terbesar saat April 2022 sebesar 211,34 GWh untuk sektor industri atau 13,39 persen dari total konsumsi listrik Kalselteng sebesar 1.576,30 GWh.

Capaian peningkatan pemanfaatan listrik di sektor industri ini tak lepas dari berbagai produk dan layanan yang diberikan oleh PLN kepada pelanggan maupun calon pelanggan.

Sejak Januari sampai April 2022 terdapat 13 industri besar baru yang mempercayakan ke PLN
Sejak Januari 2022 sampai April 2022, terdapat 13 pelanggan industri besar baru yang mempercayakan urusan kelistrikan perusahaannya dengan listrik PLN.

Salah satunya melalui program Captive Power Acquisition. Ini merupakan layanan PLN dalam pemenuhan pasokan listrik untuk pelanggan industri yang masih mengoperasikan pembangkit listrik sendiri.

"Industri yang mempercayakan urusan kelistrikan untuk operasi perusahaan dengan PLN akan mendapat banyak benefit seperti efisiensi biaya perusahaan dan dapat lebih fokus dalam mengurus bisnis utama," ucap Tonny.

Tercatat sejak Januari 2022 sampai April 2022 terdapat 13 pelanggan industri besar baru yang mempercayakan urusan kelistrikan perusahaannya dengan listrik PLN.

Dengan demikian, sampai saat ini PLN Kalselteng melayani total 1.037 pelanggan Industri.

Sekaligus, Tonny juga menjelaskan bahwa kenaikan konsumsi listrik diikuti dengan peningkatkan daya tersambung pelanggan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved