Breaking News:

Narkoba Kaltim

Ditangkap Bawa 2 KG Sabu Dalam Ransel, Petani di Kukar Ini Sudah 9 Kali Kirim Sabu ke Balikpapan

Seorang pria beprofesi petani di Kukar Kaltim diringkus kepolisian saat membawa sabu seberat 2 kilogram di tas ranselnya

Editor: Hari Widodo
TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO
Ditangkap bawa 2 kg sabu, AS (29) digiring petugas menuju ruang tahanan Polresta Balikpapan, Selasa (31/5/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BALIKPAPAN -  Seorang pria beprofesi petani di Kukar Kaltim diringkus kepolisian saat membawa sabu seberat 2 kilogram di tas ranselnya, Senin (30/5/2022).

Pria berinisial AS (29) itu diringkus di kawasan Jalan Soekarno Hatta, Graha Indah, Balikpapan Utara, Balikpapan setelah bertransaksi sabu untuk kemudian diantarkan.

Kapolresta Balikpapan, Kombes Pol Vincentius Thirdy Hadmiarso menjelaskan, AS sebatas seorang kurir dan bukan merupakan residivis.

Kendati begitu, kata dia, AS sudah mengantarkan sabu sebanyak sembilan kali. Artinya, dia turut memasok barang haram itu yang diketahui dari Samarinda untuk diedarkan ke Balikpapan.

"Untuk kali ini tersangka mengambil barang di sekitar jembatan Mahkota II Samarinda, setelah diarahkan oleh orang lain berinisial KS," kata Thirdy, Selasa (31/5/2022).

Baca juga: Jadi Kurir, Remaja 17 Tahun di Samarinda Dibekuk Bawa 2 Paket Besar Sabu

Baca juga: Peredaran 2,5 Kg Sabu Digagalkan, Dua Warga Aceh dan Satu Warga Sumut Diciduk di Hotel

Dikonfirmasi, Thirdy membeberkan bahwa tersangka merupakan seorang wiraswasta. Dalam hal ini sebagai petani yang menggarap sebuah ladang di Kabupaten Kutai Kartanegara.

AS pun mengakui hal tersebut. Dia membenarkan bahwa dirinya merupakan seorang petani untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

Namun karena merasa kurang, pria warga Marang Kayu, Kutai Kartanegara tersebut mulai menggeluti jasa kurir sabu dengan rute Samarinda-Balikpapan.

Pekerjaan beresiko konsekuensi jeratan hukum tersebut, diakui ditawari oleh KS yang memang merupakan teman tersangka sejak dua tahun terakhir.

 "Untuk kebutuhan harian aja. Nggak cukup hasil bertani," kata AS saat digiring petugas.

Betapa tidak, keuntungan yang diraup oleh AS terbilang fantastis. Nilainya mencapai jutaan rupiah per 50 gram jika berhasil tersampaikan ke alamat sesuai perintah.

Baca juga: Tangkap Dua Pengedar Narkoba, Petugas Satresnarkoba Temukan 2,4 Kilogram Sabu Senilai Rp2,8 Miliar

Dengan barang bukti sabu seberat 2 kilogram, maka AS berpeluang mengantongi upah senilai puluhan juta rupiah jika berhasil diantar ke tujuannya.

Namun petualangannya sebagai kurir sabu dengan iming-iming penghasilan selangit itu kandas.

Proses hukum membayangi AS sebagai tahanan dengan ancaman pidana penjara paling lama 20 tahun sebagaimana UU Nomor 35 tahun 2009. (*)

Artikel ini telah tayang di TribunKaltim.co dengan judul Nekat Bawa 2 Kg Sabu dalam Ransel, Petani di Kukar Tergoda Upah Puluhan Juta Rupiah

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved