Kampusiana

Sempat Terhenti karena Pandemi Covid-19, Mahasiswa Prodi Pendidikan IPS ULM Gelar Susuban Jilid IV

kegiatan kuliah umum dan Susur Sungai Banjarmasin jilid IV, Mahasiswa Prodi Pendidikan IPS FKIP ULM bersama Wali Kota Banjarmasin.

Penulis: Muhammad Rahmadi | Editor: Eka Dinayanti
Siti Zulfah untuk Bpost
Koordinator Prodi Pendidikan IPS FKIP ULM, Prof Ersis (kiri) bersama Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina (kanan) saat acara Susuban Jilid IV. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Menumbuhkan, Melestarikan, dan Mencintai Kearifan Lokal, menjadi tema kegiatan kuliah umum dan Susur Sungai Banjarmasin (Susuban) jilid IV, Mahasiswa Prodi Pendidikan IPS, FKIP ULM, bersama Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina.

Kegiatan tersebut juga turut mengundang Prof. Dr. Drs. Ersis Warmansyah Abbas, BA, M.Pd. selaku Koordinator Prodi, beserta Dosen dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan IPS.

Dikatakan Prof Ersis, kegiatan tersebut mereka lakukan secara berkelanjutan, meski sempat tertahan karena pandemi covid-19.

Menurutnya kegiatan tersebut merupakan suatu bentuk perlawanan terhadap covid-19, dan bentuk dari pembelajaran pembangunan untuk Kota Banjarmasin, merupakan kota pusat kebudayaan.

Baca juga: Sulit Tarik Dana Kartu Indonesia Pintar, 3 Siswa di Sungai Miai Banjarmasin Akhirnya Gigit Jari

Baca juga: Bangunan Rumahnya Akan Dibongkar, Nenek Ini Mengaku Tak Rela Pindah dari Pasar Batuah Banjarmasin

"Hal ini selaras dengan pembelajaran yang ada di Prodi Pendidikan IPS, seperti bagaimana penelitian tentang sungai, masyarakat pinggiran sungai dan kebudayaan Banjar," katanya, Sabtu (4/6/2022).

Prof Ersis juga berharap agar mahasiswa Prodi Pendidikan IPS dapat terus berkontribusi, terhadap daerah.

"Mahasiswa harus semangat agar dapat belajar sambil berkontribusi, baik terhadap Kota Banjarmasin maupun Provinsi dan negara," harapnya.

Kegiatan ini pun mendapatkan apresiasi dari Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina.

Menurutnya kegiatan ini merupakan bukti kerjasama antara pemerintah dengan perguruan tinggi.

Sebab menurutnya kegiatan ini selaras dengan pentahelix, yang melibatkan para akademis dalam sebuah pembangunan kota.

Baca juga: Teguran Pertama Tak Digubris, Satpol PP Banjarmasin Berikan Surat Kedua kepada Warga Pasar Batuah

Baca juga: Genjot Vaksinasi Covid-19, Polda Kalsel dan Polres Jajaran Targetkan 1.500 Dosis Perhari

"Kemudian saya mengapresiasi untuk para mahasiswa dan mahasiswi, karena mereka sudah action ke lapangan, jadi jauh sebelum Kemendikbud melaunching kampus merdeka, para mahasiwa Prodi Pendidikan IPS khususnya mereka sudah ada di lapangan," ujar Ibnu.

Ibnu juga mengakui bahwa kegiatan yang dilakukan oleh Prodi Pendidikan IPS ini merupakan hal yang baik, dan memang seharusnya didukung oleh pemerintah.

"Karena ini program baik, kami harus juga perlu mendukung sepenuhnya, karna nanti hasilnya juga akana mendapat tulisan, dan dokumentasi. Alhamdulillah kerjasama dari pemko dan Prodi Pendidikan IPS ULM, terus berlanjut hanya dua tahun terjeda karena pandemi, tapi branding susuban ini tetap ada," ungkapnya.

( Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Rahmadi)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved