Ekonomi dan Bisnis

Penjelasan Dinas Perdagangan Kalimantan Selatan Mengenai Harga Cabai 'Makin Pedas'

Harga cabai makin naik menurut Dinas Perdagangan Kalsel karena tingginya biaya produksi akibat naiknya harga pupuk dan juga naiknya biaya angkutan.

Penulis: Nurholis Huda | Editor: Alpri Widianjono
banjarmasinpost.co.id/hanani
Toko yang menjual cabai kering di Pasar Agrobisnis Modern di Kota Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kamis (2/6/2022). Harga cabai kering kini melambung dari Rp 120 ribu per kilogram menjadi Rp 240.000 hingga Rp 300.000 per kilogram. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sejak tiga hari ke belakang, harga cabai mendadak naik di Kalimantan Selatan (Kalsel). Bahkan sampai tiga kali lipat.

Menurut Kepala Dinas Perdagangan Kalsel, Birhasani, Minggu (5/6/2022), kenaikan harga cabai ini dikarenakan tingginya biaya produksi akibat naiknya harga pupuk dan juga naiknya biaya angkutan.

"Kalau dari aspek perdagangan, tentunya untuk memenuhi keperluan pasar, kami mendorong para pedagang besar untuk mendatangkan suplai dari luar Kalsel, seperti dari Jawa Timur dan Sulawesi. Meskipun, harga belinya juga sudah mahal," bebernya. 

Dijelaskannya pula, bahwa harga cabai mengalami kenaikan bervariasi sesuai jenisnya. Cabai rawit lokal biasanya Rp 80 rib per kilogram kini menjadi Rp 90 ribu sampai Rp 100 ribu per kg. 

Cabai merah besar dan cabai keriting biasanya sekitar Rp 60 ribu kini menjadi Rp 70 ribuan per kg, tiung dan taji biasanya sekitar Rp 50 ribu kini menjadi Rp 70 ribu-Rp 75 ribu per kg, rawit hijau sebelumnya Rp 35 ribu kinimenjadi Rp 40 ribu-Rp 45 ribu per kg.

Baca juga: Ombudsman Kalsel Turun Tangan Bantu Pelajar yang Tak Bisa Dapatkan Uang Bantuan di Bank

Baca juga: Dugaan Korupsi Pengadaan Lahan Bendungan Tapin, Penyidik Kejati Kalsel Panggil 6 Saksi 

"Kenaikan harga cabai ini diperparah lagi dengan curah hujan cukup tinggi di daerah penghasil, yaitu beberapa di Jawa Timur dan Kalsel, membuat pertumbuhan cabai tergaganggu bahkan cepat membusuk," imbuhnya. 

Harga cabai rawit lokal segar di pasaran saat ini Rp 91.700 dari harga sebelumnya yang hanya Rp 86.700 per kilogram. 

"Iya, ini naik lagi harga cabainya. Katanya, pasokan kurang," kata Ramlah, salah satu penjual cabai di Pasar Bauntung Banjarbaru. 

Bukan hanya cabai rawit lokal saja yang terpantau ada kenaikan harga di cabai merah besar sebelumnya Rp 50 ribuan per kg, kini sudah Rp 67.200 per kg. 

Cabai merah keriting segar juga naik, semula Rp 60 ribu, kemudian Rp 61.100 per kg dan kini naik lagi menjadi Rp 62.200.

Baca juga: Honorer Dihapus, Diskopukmperindag Kabupaten Tabalong Siapkan Koperasi Jadi Penyedia Outsourcing

Baca juga: VIRAL Pengendara Putar Balik Arah di Fly Over Banjarmasin, BPJN Kalsel Harus Tutup Celah Median

Sedangkan untuk bawang putih harganya turun Rp 700, sehingga harga kini adalah Rp 22.600 per kilogramnya.

Bagaimana dengan Harga daging dan telur? Hingga akhir Mei 2022, harga daging sapi potong di tingkat produsen atau peternak Rp 56.125 per kilogram dan telur ayam ras Rp 26.764 per kg.

Hal itu berdasar pada data Dinas Perkebunan dan Pertanakan (Disbunnak) Kalsel. Harga ayam broiler satu kilogramnya Rp 22.125. "Telur itik harganya Rp 2.264 per butir," ujar Kepala Disbunnak Kalsel, Suparmi. 

Harga itik Rp 46.166 per kilogram dan susu sapi segar, Rp 13.500 per liter. 

Harga daging sapi murni di tingkat konsumen atau pedagang, Rp 135.714 satu kilogramnya. "Untuk ayam broiler, Rp 34.785 per kilogram," imbuhnya.

Baca juga: Asyik Berfoto di Atas Perahu, Kepala Wisatawan Susur Sungai Terbentur Jembatan Pasar Lama

Baca juga: Bunuh Dua Bocah dan Lukai Sang Bunda di Tanbu Kalsel, Pemuda 21 Tahun Ini Diringkus di Persembunyian

Baca juga: Beraksi di Tanahlaut Kalsel, Begini Aksi Pencuri Kotak Amal Terekam CCTV

Telur ayam ras Rp 28.795 per kilogram dan telur itik, Rp 2.691 per butir. "Terakhir, harga susu sapi segar, Rp 17 ribu per liter," tandasnya. 

(BanjarmasinPost /Nurholis Huda)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved