Religi

Hukum Makan Daging Kurban Sendiri Dijabarkan Ustadz Abdul Somad, Simak Sunnah Lain Idul Adha

Ustadz Abdul Somad menjelaskan hukum makan daging hewan kurban milik sendiri.Simak pula sunnah lain di hari raya Idul Adha.

Penulis: Mariana | Editor: M.Risman Noor
banjarmasinpost.co.id/eka pertiwi
Bupati HSS, H Achmad Fikry saat memantau kondisi ternak sapi kurban di Yayasan Ibnu Athaillah, Desa Kapuh Kecamatan Simpur, Senin (30/5/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Berkurban adalah ibadah yang disunnahkan di Hari Raya Idul Adha. Ustadz Abdul Somad menjelaskan hukum makan daging hewan kurban milik sendiri.

Pendakwah yang karib disapa UAS juga menguraikan sunnah-sunnah yang dianjurkan di Hari Raya Idul Adha.

Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban disebut pula Hari Raya Haji jatuh pada 10 Zulhijah dalam sistem kalender Islam.

Hari Raya Idul Adha di tahun 2022 ini, diperkirakan bertepatan pada Sabtu (9/7/2022).

Selain shalat Idul Adha, umat Islam juga dianjurkan menyebelih hewan kurban, kemudian dagingnya dibagikan kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan.

Baca juga: Hadiri Kenaikan Jilid Tilawati dan Peresmian Unit BKPAKSI, Ini Harapan Wakil Wali Kota Banjarbaru

Baca juga: Tips Sehat Saat Berangkat dan Menunaikan Haji 2022, Stamina Terjaga dan Terhindar dari Covid-19

Lantas, bagaimana hukum memakan daging hewang kurban milik sendiri?

Ustadz Abdul Somad menjelaskan orang berkurban justru disuruh Allah SWT untuk memakan daging hewan kurban yang telah disembelih.

"Bukan boleh, disuruh Allah, setelah dipotong maka makanlah, apanya yang dimakan? Yang dimakan hati hewan kurban, potong hatinya, cuci bersih, kasih perasan jeruk nipis, setelah hilang bau amis dikasih garam, tusuk, bakar, makan," jelas Ustadz Abdul Somad dikutip Banjarmasinpost.co.id dari kanal youtube WANCANX.

Ia menambahkan, itulah yang makanan pertama yang afdhol dimakan di tanggal 10 Zulhijah.

Namun, makan tersebut dilakukan setelah selesai shalat Idul Adha. Inilah perbedaan Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha, dimana ketika ingin shalat Idul Fitri disunnahkan makan terlebih dahulu.

Sedangkan Hari Raya Idul Adha, selepas subuh disunnahkan tak makan, pergi ke mesjid shalat ied, selepas shalat pulang dan menyembelih hewan kurban, makanan pertama yang dimakan adalah hati hewan kurban tersebut.

Sunnah-sunnah lainnya berdasarkan ajaran Nabi Muhammad SAW, bagi yang ingin berkurban dilarang untuk mencukur bulu atau rambut yang ada di badan dan menggunting kuku.

Larangan tersebut berlaku pada 1-10 Zulhijah dan dihukumi sunnah atau tidak wajib.

"Hal tersebut bertujuan semacam terapi yang diajarkan Nabi Muhammad SAW, dari tanggal 1-0 Zulhijah semua rambut dan kuku panjang, pada pagi harinya tanggal 10 semua dicukur dan digunting, maka akan memunculkan semangat baru," paparnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved