Kriminalitas Kaltara

Aksinya Curi Motor Warga Terekam CCTV dan VIral, Pria 37 Tahun Ini Ditangkap Saat Kabur ke Nunukan

Pria 37 tahun di desa Malinau Hulu, Kaltara diringkus petugas Satreskrim Polres Malinau setelah melarikan motor milik tetangganya sendiri.

Editor: Hari Widodo
TRIBUNKALTARA.COM / MOHAMMAD SUPRI
RP (37), tersangka kasus pencurian motor di Desa Malinau Hulu diamankan polisi.   

BANJARMASINPOST.CO.ID, MALINAU - Pria 37 tahun di desa Malinau Hulu, Kaltara diringkus petugas Satreskrim Polres Malinau setelah melarikan motor warga.

Pria berinisial RO asal Sumatera Barat tersebut diringkus setelah kabur dengan motor curiannya ke Kabupaten , Nunukan.

Sat Reskrim Polres Malinau sebelumnya telah mengejar pelaku yang diduga melarikan diri hingga ke Kabupaten tetangga, Nunukan.

Tersangka, RP (37) merupakan seorang pekerja serabutan atau pekerja lepas di Kabupaten Malinau.

Baca juga: Pencuri Motor di Kota Banjarbaru Kalsel Libatkan Remaja, Diduga 31 Kali Beraksi

Baca juga: Pencuri Motor di Balikpapan Kaltim Dibekuk, Ternyata Begini Pria 23 Tahun Bawa Kabur Yamaha Aerox

Baca juga: Curanmor di Kalbar, Tertangkap Saat Curi Motor, Pemuda 25 Tahun Pontianak Babak Belur Dihajar Massa

Kasus pencurian sepeda motor di Desa Malinau Hulu tersebut diakui tersangka sebagai tindak pidana pertama yang ia lakukan.

RP mengaku perbuatan tersebut dia lakukan karena terdesak.

Diakibatkan minimnya pendapatan, tawaran pekerjaan makin sepi, di sisi lain biaya hidup tinggi Mendesak pria kelahiran Sumatera Barat tersebut melakukan aksinya.

Kasat Reskrim Polres Malinau, Iptu Wisnu Bramantio menerangkan hasil pemeriksaan, tersangka mengaku kejahatan tersebut pertama kali dilakukannya.

"Motif tersangka karena desakan ekonomi. RP ini warga asal Sumatera Barat, dan bekerja serabutan di Malinau. Dia akui Curanmor ini sebagai kejahatan pertamanya," ujar Wisnu, Senin (6/6/2022).

Hasil pemeriksaan Polisi, RP diduga melakukan tindak pidana pencurian tersebut tanpa direncanakan.

RP mengambil sepeda motor milik warga Desa Malinau Hulu yang saat itu terparkir di halaman rumah pemilik dengan kunci yang masih menempel di kendaraan tersebut.

Melihat kesempatan ini, RP melakukan aksi kejahatan tersebut. Karena aksinya terekam CCTV dan tersebar luas ke media sosial, RP melarikan diri ke kabupaten tetangga.

Baca juga: Bikin Kunci Duplikat, Pemuda Lampung Ini Beraksi Curi Motor di Area Parkir Rumah Sakit Bumi Waras

"Jadi, aksi ini random, dia mengaku tidak merencanakan sebelumnya. Begitu liat motor parkir dan kuncinya masih nempel. Tersangka melarikan sepeda motor. Pengakuan tersangka, motor itu rencana mau dijualnya," katanya.

Belajar dari pengalaman ini, Polres Malinau meminta agar masyarakat berhati-hati terhadap kelalaian yang dapat membuka kesempatan dilakukan tindak pidana yang serupa. (*)

Artikel ini telah tayang di TribunKaltara.com dengan judul Terdesak Tuntutan Ekonomi, Pekerja Serabutan di Malinau Nekat Larikan Sepeda Motor Warga & Akui ini

Sumber: Tribun kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved