Idul Adha 2022

Cegah PMK Jelang Idul Adha 2022, Pengunjung Wajib Mandi Sebelum Datangi Kandang Kerbau Rawa

Mencegah PMK jelang Idul Adha 2022, pengunjung yang datang ke Kandang Kerbau Rawa diwajibkan mandi barulah boleh mendekat ke kandang

Penulis: Reni Kurnia Wati | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co,id/reni kurniawati
Kandang kerbau rawa di desa Tampakang Kabupaten HSU Provinsi Kalsel, Kamis (9/6/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Menjelang hari raya Idul Adha 2022,  saat ini para peternak kerbau rawa di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Kalsel sudah mulai kebanjiran pesanan.

Biasanya calon pembeli akan menitipkan terlebih dahulu hewan ternak yang ingin dibeli sebelum nantinya pada mendekati hari raya Idul Adha dilakukan pengiriman secara langsung ke tempat penyembelihan.

Selama adanya penyakit mulut dan kuku bagi ternak seperti sapi dan kerbau di beberapa daerah untuk peternakan kerbau rawa di kecamatan paminggir tidak ada kasus yang terkena penyakit tersebut.

Meski demikian tetap dilakukan kewaspadaan bagi para peternak untuk menjaga kesehatan kerbau rawa Karena saat ini jumlah pembeli lebih meningkat karena sapi dari luar daerah juga terbatas dan lebih memilih untuk berkurban dengan kerbau rawa yang dipastikan merupakan hasil ternak dari kabupaten HSU.

Baca juga: Tidak Datangkan Ternak dari Luar untuk Kurban, Ini Stok Sapi, Kerbau, Kambing di Kabupaten HSS

Baca juga: Ada Prosesi Tombak Kerbau, Tradisi Aruh Adat Ambatur di Balangan untuk Orang Meninggal

Misri Aryanto salah satu peternak kerbau rawa mengatakan untuk menjaga kesehatan kerbau rawa dilakukan perawat pemberian vitamin pemberian pakan dan juga pembersihan kandang seperti biasa.

Namun, untuk  penjaga kalang atau kandang kerbau rawa yang baru datang dari lokasi penyembelihan sapi atau kerbau tidak langsung datang dan berinteraksi dengan kerbau rawa.

"Jika ada yang baru mengunjungi tempat penyembelihan sapi atau kerbau tidak diperbolehkan langsung datang ke kandang atau kalang kerbau rawa harus berganti pakaian dan mandi. Baru kemudian bisa berdekatan dengan kerbau rawa Karena dikhawatirkan bisa membawa virus atau dari percikan darah yang menempel di pakaian," ujar peternak kerbau rawa di Desa Tampakan kecamatan Paminggir ini. 

Untuk harga kerbau rawa saat ini masih tidak jauh berbeda dengan sapi di mana sekitar harganya sekitar  Rp 20 juta untuk ukuran daging dengan berat 100 kg. 

"Harga sapi dan kerbau mengikuti dari besarnya dan juga kondisi dari sapi atau kerbau tersebut," ujarnya.

Baca juga: Viral di Tiktok, Momen Saat Dua Kerbau Melintas di Depan Pelaminan, Mempelai Malah Tertawa

Biasanya  5 hari menjelang Idul Adha biasanya akan mulai diantar ke pembeli untuk persiapan penyembelihan. l

okasi kandang berada di tengah daerah Rawa sehingga untuk mengantar kerbau rawa ke darat biasanya dinaikkan ke atas kapal bermotor menuju ke Kecamatan Danau Panggang lalu melanjutkan perjalanan menggunakan pick up. (Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved