Kampusiana

Farmasi ULM Temukan Daun Kasturi Bisa Dijadikan Obat Jerawat

Kasturi atau Mangifera casturi yang merupakan buah mangga spesifik Kalimantan Selatan yang ternyata daunnya memiliki kandungan untuk mengobati jerawat

Penulis: Milna Sari | Editor: Hari Widodo
Prodi Farmasi ULM untuk BPost
Tim Prodi Farmasi ULM menemukan daun Kasturi memiliki kandungan untuk obat jerawat. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Kasturi atau Mangifera casturi yang merupakan buah mangga spesifik Kalimantan Selatan ternyata memiliki kandungan untuk mengobati jerawat.

Penelitian jika daun Kasturi bisa dimanfaatkan untuk pengobatan jerawat dilakukan dosen dan mahasiswa Farmasi ULM.

Dosen farmasi ULM, Sutomo mengatakan, penelitian antiinfeksi (anti bakteri) telah dilakukan dengan hasil yang menunjukkan bahwa tumbuhan kasturi juga memiliki aktivitas antibakteri baik gram positif maupun gram negatif.

Dari hasil tersebut, dikatakan Sutomo, bisa dikembangkan lebih lanjut dan sangat memungkinkan untuk dibuat sediaan obat anti jerawat (menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat).

Baca juga: Jerawat Tak Kunjung Hilang, dr Zaidul Akbar Sarankan Lakukan Tiga Hal ini Agar Wajah Mulus

Baca juga: Hasil Test Pack 6 Kali Henny Rahman Menantu Mendiang Ustad Arifin Ilham, Jerawat Istri Alvin Faiz

"Hasil dari penelitian jika daun Kasturi bisa menjadi obat jerawat sudah kami publikasikan pada Seminar Nasional Tumbuhan Obat Indonesia Ke-61 kemarin," ujarnya, Jumat (10/6/2022)

Seminar nasional yang dilaksanakam secara daring itu mengangkat tema “Penggalian, Pelestrarian, Pemanfaatan Berkelanjutan Tumbuhan Obat Kasturi (Mangifera casturi) dan Laja Gowah (Alpinia mallacensis) sebagai Pengembangan Antiinfeksi”.

Kegiatan ini merupakan Kerjasama program studi farmasi FMIPA UKM dengan Pokjanas TOI (Kelompok Kerja Nasional Tumbuhan Obat Tradisional).

Ketua seminar nasional, Arnida menyampaikan topik yang dibahas sangatlah penting untuk dipelajari serta di eksplorasi lebih dalam.

Dia berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan informasi terkait Penggalian, Pelestarian, Pemanfaatan Berkelanjutan Tumbuhan Obat Kasturi (Mangifera casturi) dan Laja Gowah (Alpinia mallacensis) sebagai Pengembangan Antiinfeksi” kepada para peserta.

Baca juga: ML Your Skin Solution Tuntaskan Jerawat, Wajah Jadi Glowing

Sebanyak kurang lebih 250 peserta berhadir di acara seminar nasional ini, Peserta berasal dari beberapa daerah pulau Kalimantan dan di luar pulau Kalimantan.

Selama acara berlangsung, peserta Nampak antusias, banyak peserta mengajukan pertanyaan kepada pembicara pada sesi diskusi.

Pembicara yang diundang dalam Seminar Nasional Pokjanas TOI ini adalah Hj Husnul Hatimah Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Pemprov Kal-sel. (Banjarmasinpost.co.id / Milna Sari)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved