Jemaah Haji Meninggal dalam Pesawat

Kemenag Balangan Siap Bantu Administrasi Klaim Asuransi Bagi Keluarga Jemaah Haji yang Wafat

Pejabat dan petugas Kemenag Kabupaten Balangan akan dampingi ahli waris calon haji yang meninggal di pesawat untuk mengurus klaim asuransi.

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/ISTI ROHAYANTI
Jenazah anggota jemaah haji, almarhumah Samsinah, tiba di rumah duka, Desa Galumbang, Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, Selasa (14/6/2022). Selanjutnya, jenazah almarhumah dimakamkan di alkah keluarga. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Meninggalnya seorang anggota jemaah haji dari Kabupaten Balangan di pesawat dalam perjalanan menuju Madinah saat Senin (13/6/2022) dini hari, menjadi perhatian banyak pihak.

Jajaran Kemenag Kabupaten Balangan di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) pun berperan aktif menangani semua proses administrasi, mengingat hal itu menjadi tanggung jawabnya. 

Hingga berangkatnya jamaah haji, kemudian diketahui ada yang meninggal, sejumlah prosedur pun dijalankan.

Termasuk memulangkan jenazah ke kampung halaman almarhumah di Desa Galumbang, Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalsel.

Diketahui, anggota jemaah haji yang meninggal atas nama Samsinah. Jenazahnya sempat berada di Bandara Kualanamu, Medan, Provinsi Sumatra Utara (Sumut). Kemudian dibawa ke RSUD Lubuk Pakam, Sumut. 

Baca juga: Tangis Keluarga Sambut Kedatangan Jenazah Haji Kabupaten Balangan yang Meninggal

Baca juga: Haji Kalsel Miliki Penyakit Bawaan Diminta Agar Tak Sungkan Hubungi Petugas Kesehatan

Baca juga: Bidang Propam Polda Kalsel Turunkan Tim Tangani Tahanan Narkoba Meninggal

Selanjutnya, diterbangkan lagi dari Kualanamu ke Bandara Internasional Syamsdin Noor Provinsi Kalsel. Tiba di tujuan, langsung dibawa pakai ambulans ke rumah duka di Balangan, Kalsel, Selasa (14/6/2022).

Kepala Kemenag Balangan, Saribuddin, beserta jajaran sudah menanti kedatangan jenazah almarhumah bersama dengan pihak keluarga.

Sesampainya jenazah almarhumah di rumah duka, kemudian Kemenag Balangan maupun Dinkes Balangan langsung menyerahkan kepada pihak keluarga.

Disampaikan Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Balangan, Fahmi Wahid, pihaknya akan membantu setiap pengurusan administrasi yang akan dilakukan. Termasuk, klaim asuransi.

"Setelah ini, mungkin klaim asuransi saja yang diperlukan untuk proses administrasi," ungkapnya. 

Baca juga: Wacana Vaksinasi Dosis ke-4 Muncul, Dinkes Banjarmasin : Kita Menunggu Instruksi Pusat

Baca juga: Ditangkap di Jalan Tanjung Berkat Ujung, Pria Banjarmasin Ini Terbukti Simpan 8 Paket sabu di Dompet

Baca juga: Ditetapkan Tersangka, Mobil dan Barang Berharga Bandar Arisan Bodong di HST Kalsel Disita Polisi

Ia juga menjelaskan tidak ada pergantian uang atau pergantian haji untuk ahli waris. Pasalnya, menurut aturan, karena meninggalnya Samsinah sudah masuk perjalanan, maka dianggap wafat.

Jadi, tidak ada pergantian ahli waris. Terkecuali, meninggalnya sebelum berangkat dari rumah menuju embarkasi. 

Diketahui, almarhumah Samsinah tergabung dalam Keloter 1 yang berangkat bersama jemaah calon haji dari Kabupaten Tabalong dan Kabupaten Banjar.

Menurut keterangan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan yang didapat dari tim medis, almarhumah juga memiliki riwayat komorbid, kencing manis.

Dalam perjalanan menuju embarkasi haji di Landasan Ulin Kota Banjarbaru, Kalsel, sudah dirawat dalam ambulans Tim Kesehatan Kabupaten Balangan.

(Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved