Haji 2022

Kloter Tiga Jemaah Calon Haji Kalsel Tertunda Berangkat Belasan Jam, Begini Penjelasan Kemenag

Keberangkatan rombongan Jemaah Calon Haji  (JCH) Kalsel kloter tiga tertunda keberangkatan ke tanah suci Mekkah hingga sekitar 15 jam

Penulis: Milna Sari | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/milna sari
Jemaah kloter 3 Kalsel bersantai di asrama haji karena tertunda berangkat ke tanah suci Mekkah karena pesawat yang mengangkut mereka alami kerusakan, Rabu (15/6/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Keberangkatan rombongan Jemaah Calon Haji  (JCH) Kalsel kloter tiga tertunda keberangkatan ke tanah suci Mekkah hingga sekitar 15 jam.

Rombongan Jemaah Calon Haji yang berasal dari Hulu Sungai Utara (HSU), Barito Kuala (Batola), Banjarmasin dan Hulu Sungai Selatan (HSS)yang seharusnya berangkat pukul 14.00 WITA Rabu (15/6/2022) tertunda ke besok Kamis pukul 05.20 WITA.

Kakanwil Kemenag Kalsel, HM Tambrin saat ditemui di kantornya membenarkan adanya penundaan atau delay pesawat yang mengangkut jemaah haji.

Delay tersebut ujarnya dikarenakan kendala teknis kerusakan pesawat.

Pesawat yang sudah mengantar kloter dua Kalsel ke Madinah dan sudah kembali menuju ke Banjarmasin tiba-tiba berbalik menuju ke Madinah untuk perbaikan.

Baca juga: Tangis Keluarga Sambut Kedatangan Jenazah Haji di Galumbang Kabupaten Balangan

Baca juga: Haji Kalsel Miliki Penyakit Bawaan Diminta Agar Tak Sungkan Hubungi Petugas Kesehatan

Baca juga: Turut Lepas Jemaah Calon Haji, Kakanwil Kemenkumham Kalsel Pantau Langsung Pelayanan Keimigrasian

"Perbaikan atau sparepartnya ada di Madinah sehingga pesawat kembali ke Madinah," ujarnya.

Terkait kerusakan yang dialami pesawat, Tambrin menyebut kurang mengetahui namun disebutkan jika kerusakan bukan pada mesin pesawat.

Pesawat Garuda Indonesia yang mengangkut jemaah berukuran besar sehingga harus lebih berhati-hati dalam penerbangan.

Meski begitu kata Tambrin pihaknya sudah mendapatkan kepastian jadwal keberangkatan selanjutnya yakni pukul 05.20 WITA.

Pihaknya ujar Tambrin juga sudah meminta daerah dari kloter empat yakni dari Tanahlaut, Tanahbumbu, Kotabaru dan Banjarmasin yang masuk asrama pada pukul 23.00 Wita hari ini juga 15 Juni agar bisa sedikit bersabar dan menunggu sementara waktu hingga kamar selesai dibersihkan.

"Karena kloter 3 pukul 23.00 WITA malam ini juga mulai dilakukan pemeriksaan X-ray, jadi kemungkinan jemaah kloter empat akan sedikit menunggu hingga selesai kamar dibersihkan," katanya.

Terpantau jemaah kloter tiga yang sudah masuk asrama sejak kemarin Selasa (14/6/2022) pukul 14.00 WITA hingga kini masih di asrama.

Jemaah tampak beristirahat di asrama menunggu pemeriksaan saat tengah malam. 

Salah satu jemaah asal Banjarmasin, Mulyadi mengatakan penundaan memang membuat dirinya tertunda tiba di tanah suci namun ia mengaku mengikuti saja sesuai prosedur.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved