Kriminalitas Banjarbaru

Rudapaksa Anak di Bawah Umur dalam Kabin Truk di Banjarbaru, Ketiga Tersangka Dibekuk Polisi

Polisi berhasil menuntaskan pengungkapan kasus pemerkosaan terhadap korban anak di bawah umur, warga Banjarbaru setelah mengamankan seluruh pelaku.

Penulis: Achmad Maudhody | Editor: Eka Dinayanti
Subdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Kalsel
-Ketiga tersangka pemerkosaan terhadap anak di bawah umur di Banjarbaru berhasil dibekuk Polisi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Polisi berhasil menuntaskan pengungkapan kasus pemerkosaan terhadap korban anak di bawah umur, Mawar (nama samaran) warga Landasan Ulin, Banjarbaru setelah mengamankan seluruh pelaku yang terlibat.

Tim gabungan dari Unit Reskrim Polsek Liang Anggang dibantu Resmob Macan Kalsel Ditreskrimum Polda Kalsel berhasil meringkus dua pria berinisial TR (31) dan MI (22), Kamis (16/6/2022) dini hari.

TR dan MI merupakan dua dari tiga tersangka pelaku pemerkosaan terhadap Mawar, dimana tersangka lainnya yakni IM (24) telah berhasil diamankan lebih dulu.

"Dua tersangka ini ditangkap di Desa Tambak Kuning, Kurai, Tanah Laut sekitar pukul 3.30 Wita," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Kalsel, Kombes Pol Hendri Budiman melalui Kasubdit III Jatanras, AKBP Andy Rahmansyah dikonfirmasi Banjarmasinpost.co.id, Jumat (17/6/2022).

Baca juga: Coba Lakukan Perkosaan, Pria 30 Tahun asal Bartim Ini Tega Lukai Bocah SD di Tabalong

Baca juga: Teman Sekampus Jadi Korban Perkosaan, Galuh Kebudayaan Banjarmasin 2021 : Saya Juga Ikut Sakit Hati

AKBP Andy membeberkan kronologi kasus tersebut, dimana kejadian berawal dari korban yang menemui dua temannya di salah satu warung di Jalan Trikora, Banjarbaru, Senin (9/5/2022).

Dari pengakuan korban, di sana mereka menenggak minuman beralkohol jenis anggur merah.

Tak lama setelahnya datang ketiga tersangka pelaku ke warung tempat korban dan temannya itu berada lalu ikut minum minuman keras.

Lepas tengah malam, ketiga tersangka yakni IM, TR dan MI menawarkan diri untuk mengantarkan korban yang dalam kondisi mabuk untuk pulang menggunakan satu unit truk.

Tawaran itu diamini oleh korban.

Namun bukannya di antarkan pulang ke rumah, ketiga tersangka malah memberhentikan truk di Jalan Pengayuan, Liang Anggang dan memerkosa Mawar secara bergantian di dalam kabin truk.

Parahnya lagi, nafsu bejat ketiga tersangka belum tuntas dan mereka malah membawa korban ke salah satu kamar hotel di Jalan Kasturi, Landasan Ulin lalu kembali melakukan perbuatan bejat terhadap korban yang tak berdaya melawan.

Baca juga: Kebakaran di SMPN 3 Banjarbaru, Guru Khawatir Ratusan Blangko SKHU dan Blangko Ijasah Hangus

Baca juga: Oprit Jembatan di Desa Mandala Ambles, PUPR Lakukan Perbaikan Darurat

Pascaperistiwa itu, korban lalu melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Liang Anggang.

Kepolisian pun langsung bergerak melakukan penyelidikan dan penyidikan hingga berhasil mengamankan salah satu tersangka inisial IM terlebih dulu, Kamis (26/5/2022).

"Kedua tersangka lainnya rupanya mendengar informasi IM ditangkap dan mencoba bersembunyi ke rumah keluarganya di Tanah Laut sebelum akhirnya kami ringkus," ujar AKBP Andy.

Ketiga tersangka kini tengah menjalani proses hukum lebih lanjut untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Ketiganya dijerat dengan Pasal 81 ayat (2) UU RI Nomor 17 Tahun 2016 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak menjadi UU Jo Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Ancaman hukumannya yakni penjara paling lama 15 tahun.

Dalam pengungkapan kasus ini, Polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti di antaranya, celana dalam, celana jeans, bra dan baju lengan pendek.

( Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved