Berita Tanahlaut

BLK Tanahlaut Gelar Kembali Pelatihan Tahap Dua, Pendaftar Kejuruan Komputer Membeludak

Pelatihan keterampilan secara gratis segera dibuka kembali oleh Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalsel

Penulis: Idda Royani | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/idda royani
TAHAP DUA - Panitia melayani pendaftaran program pelatihan tahap kedua di kantor setempat, beberapa hari lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Pelatihan keterampilan secara gratis  segera dibuka kembali oleh Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantam Selatan (Kalsel).

Pendaftaran peserta pun telah dibuka selama tiga pekan sejak 23 Mei 2022 lalu. Meski sejumlah kejuruan telah berakhir masa pendaftarannya, namun jika jumlah pendaftar masih sedikit maka pendaftaran masih dibuka.

"Hingga Senin besok masih kami layani bagi yang masih ingin mendaftar. Ini terhadap kejuruan yang tak banyak pendaftarnya," ucap Kepala BLK Tala Khairil Fahmi, Minggu (19/6/2022).

Data pada panitia BLK setempat, Kejuruan Listrik paling sedikit pendaftarnya yakni 17 orang. Sedangkan terbanyak dan cukup membeludak pendaftarnya pada Kejuruan Komputer yakni sebanyak 128 orang.

Baca juga: Pelatihan Dua Kejuruan Keterampilan di BLK Tanahlaut Telah Selesai, Tata Rias Menyusul Pekan Depan

Baca juga: Anggaran Terbatas, BLK Kotabaru Tak Mampu Menampung Minat Pencari Kerja

Baca juga: Tak Kunjung Difungsikan, Halaman Asrama BLK Kabupaten Balangan Tertutup Belukar

Kuota tiap kejuruan hanya 16 orang. Karena itu akan dilakukan seleksi guna menyaring pendaftar yang paling layak mengikuti program pelatihan keterampilan tersebut.

Ada enam kejuruan yang dibuka yaitu Sepeda Motor Injeksi, Instalasi Listrik Otomasi Industri, Plate Welser SMAW (las), Komputer Dasar, Pembuatan Roti dan Kue, Menjahit Pakaian.

Persyaratan pendaftar yakni fotokopi KTP, ijazah terakhir, sertifikat vaksin minimal dosis pertama, email dan  momor HP aktif, tidak sedang bekerja, dan tidak sedang sekolah atau kuliah.

Peserta yang lulus seleksi akan me dapatkan sejumlah fasilitas selama pelatihan yaitu pakaian praktik, pakaian olahraga, alat tulis, dan konsumsi.

Seleksi Kejuruan Pembuatan Roti dan Las akan dilaksanakan pada 28 Juni 2022, Kejuruan Menjahit dan Listrik 29 Juni 2022, Kejuruan Komputer dan Sepeda Motor 30 Juni 2022.

"Seleksi dimulai pukul 09.00 Wita secara daring. Peserta harus membawa HP yang ada internetnya," jelas Fahmi.

Baca juga: KalselPedia : Profil Kepala BLK Tanahlaut

Lebih lanjut ia menuturkan pelaksanaan pelatihan tahap kedua tersebut direncanakan digelar pada Juli me datang. Lama pelatihan beragam sesuai kejuruan, paling lama sekitar 38 hari dan paling cepat sekitar tiga pekan.

Sementara itu pelatihan keterampilan tahap pertama saat ini telah berada pada pengujung kegiatan. Dua kejuruan bahkan telah selesai sepekan lalu. Satu kejuruan lainnya akan selesai pekan nanti. Tiga kejuruan lainnya lagi akan selesai sekitar dua pekan mendatang.

Kejuruan                                               Pendaftar

- Sepeda Motor Injeksi                           30

-  Instalasi Listrik Otomasi Industri      17
-  Plate Welser SMAW (las)                    24
-  Komputer Dasar                               128
- Pembuatan Roti dan Kue                    25
- Menjahit Pakaian                                 60

Sumber Data: BLK Tala


(Banjarmasinpost.co.id/roy)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved