Tabalong Terdepan

LPPL dan Bawaslu Tabalong Teken Nota Kesepahaman, Bupati :Bentuk Kebersamaan Pengawasan Partisipatif

Penandatanganan nota kesepahaman dalam rangka pengawasan partisipatif dan keterbukaan informasi publik pada Pemilu 2024 dilaksanakan LPPL Tabalong

Penulis: Dony Usman | Editor: Hari Widodo
Bawaslu Tabalong
Kepala Stasiun Radio Suara Tabalong tandatangan nota kesepahaman bersama Ketua Bawaslu Tabalong, Selasa (21/6/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG-Penandatanganan nota kesepahaman dalam rangka pengawasan partisipatif dan keterbukaan informasi publik pada penyelenggaraan Pemilu 2024 dilakukan Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Kabupaten Tabalong, Selasa (21/6/2022).

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabalong memiliki dua media yang berada di bawah naungan LPPL, masing-masing TV Tabalong dan Radio Suara Tabalong.

Sehingga dalam penandatanganan dilakukan antara Kepala Stasiun TV Tabalong dengan Ketua Bawalu Tabalong dan Kepala Stasiun Radio Suara Tabalong dengan Ketua Bawaslu Tabalong.

Prosesi penandatanganan yang dilakukan di aula Balai Wartawan ini dihadiri Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Tabalong, Febriadin Hafiz.

Hadir juga unsur pimpinan Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan, Azhar Ridhani, perwakilan Forkopimda Tabalong dan undangan lainnya.

Dalam sambutan tertulis Bupati Tabalong yang dibacaka Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Tabalong, Febriadin Hafiz, disampaikan, Pemkab Tabalong menyambut baik diselenggarakannya kegiatan ini.

"Hal ini setidaknya menjadi salah satu bukti bahwa kita semua betul-betul menaruh perhatian besar bagi pengembangan pengawasan partisifatif dan keterbukaan informasi publik dalam penyelenggaraan pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024 di daerah kita," ujarnya.

Disampaikannya juga, media merupakan lembaga independen yang harus memberikan informasi bersifat netral dan berimbang.

Kemudian tidak memihak kepada salah satu parpol maupun calon atau menyampaikan informasi yang bersifat provokasi dan menyebabkan gesekan terhadap masyarakat.

"Jadi kaidahnya sangat dimanfaatkan untuk memastikan bahwa tidak ada keberpihakan yang dilakukan oleh lembaga penyiaran, dalam hal ini adalah media massa, radio, dan juga televisi,“ katanya.

Ditambahkannya, berbagai program tentunya sudah dijalankan pihak Bawaslu dalam upaya mengajak masyarakat untuk berperan dalam pengawasan pemilu sehingga pesta demokrasi tersebut dapat berjalan dengan baik. 

"Kalau kita cermati secara seksama, kegiatan seperti ini memiliki makna yang sangat positif. Selain salah satu cara bentuk kebersamaan dalam pengawasan partisifatif, juga sebagai wahana untuk mempererat kebersamaan dan persaudaraan, serta mengajak semua pihak tak terkecuali masyarakat untuk turut mengawasi pelaksanaan pemilihan umum serentak pada 2024 mendatang,"bebernya.

Diharapkan pula kepada semua pihak yang pada kesempatan ini turut berpartisipasi hendaknya benar-benar dapat memanfaatkan kegiatan ini sebagai sarana yang pada akhirnya akan bermuara pada tingkat partisipasi politik pemilih yang cukup baik sehingga harapan pelaksanaan pemilu yang jujur dan adil akan dapat terlaksana. 

Terpisah, Ketua Bawaslu Tabalong, Hirsan, mengatakan, nota Kesepahaman ini ditujukan untuk mewujudkan kerja sama yang sinergis dalam rangka penyelenggaraan Pemiliu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024 yang demokratis, bermartabat, dan berkualitas, serta meningkatkan transparansi dan partisipasi masyarakat di Tabalong.

"Ruang lingkup nota kesepahaman ini di antaranya untuk mengembangkan pengawasan partisipatif dengan cara mendorong masyarakat dapat ikut berperan dalam pengembangan pengawasan partisipatif penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024," jelasnya.

Kemudian juga untuk mewujudkan proses penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan yang terbuka, jujur, dan adil dengan prinsif keterbukaan informasi publik.

Ketua Bawaslu Tabalong Hirsan dan Kepala Stasiun TV Tabalong tandatangani nota kesepahaman, Selasa (21/6/2022).
Ketua Bawaslu Tabalong Hirsan dan Kepala Stasiun TV Tabalong tandatangani nota kesepahaman, Selasa (21/6/2022). (Bawaslu Tabalong)

Sehingga melalui nota kesepahaman ini diharapkan dapat menunjang tugas pengawasan bagi Bawaslu sebagai penyelenggara Pemilu, dan menjunjung sikap independen media dalam melakukan pemberitaan maupun penyiaran suatu
peristiwa atau fakta pada penyelenggaraan Pemilu atai pemilihan serentak tahun
2024.

Diketahui selain dua media LPPL Pemkab Tabalong, penandatanganan nota kesepahan yang sama juga dilakukan dengan Persatuan Wartawan Indonesia. (aol)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved