Yayasan Adaro Bangun Negeri

Petik Buah Naga Kualitas Premium di Kebun Sugito

Mantan anggota Kelompok Tani Griya Organik di Desa Kambitin Kabupaten Tabalong binaan Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) sukses jadi petani buah naga.

YAYASAN ADARO BANGUN NEGERI
Petani buah naga binaan Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN), Sugito, di kebunnya yang subur di Desa Kambitin, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Petani buah naga di Desa Kambitin, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Sugito, kian meniti tangga kesuksesan.

Sejak Maret 2020 yang merupakan panen pertama, hingga saat ini kebun buah naganya selalu panen.

Saat ini terdapat sekitar 1.200 pohon buah naga berjejer rapi, dipenuhi dengan buahnya yang bersisik tebal berwarna merah merekah.

Pemandangan itu membuat siapapun yang berkunjung betah berlama-lama di kebun tersebut.

Petani binaan YABN Sugito petik satu buah naga di kebunnya di Desa Kambitin Tabalong 21062022.
Petani binaan Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN), Sugito, saat memetik satu buah naga di kebunnya di Desa Kambitin, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan.

Kita bisa memetik sendiri buahnya dan menikmati rasanya yang manis dan segarnya buah naga yang baru dipetik.

Setiap hari, sepanjang tahun, selalu ada saja buah yang bisa dipetik. Ukuran berat rata-rata berkisar satu kilogram per buahnya.

“Buahnya tergolong besar, bahkan ada yang mencapai 1,8 kilogram per buah,” ungkap Sugito.

Untuk ukuran standar buah naga kelas A adalah dari 600 gram ke atas. Itu artinya, kualitas buah naga yang dihasilkannya termasuk kualitas mutu terbaik.

Petani binaan yABN Sugito periksa buah naga di kebunnya di Desa Kambitin Tabalong 21062022.
Petani binaan Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN), Sugito, memeriksa buah naga di kebunnya di Desa Kambitin, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan.

Ia menambahkan bahwa setiap 2 minggu sekali, hasil panen mampu mencapai 400 kg hingga 500 kg dengan harga rata-rata Rp 15 ribu per kg.

“Menjualnya tidak susah. Pengepul suka buah naga dari kebun saya karena kualitasnya yang baik,” jelas dia.

Tak hanya dari segi ukuran berat dan rasanya saja, dari segi daya simpannya juga lebih lama.

Pada suhu ruang, buahnya bisa tetap bagus disimpan selama kurang lebih 15 hari.

Buah naga segar, nikmat, hasil dari kebun Sugito, binaan YABN Kambitin Tabalong kalsel 21062022.
Buah naga segar, nikmat, hasil dari kebun Sugito, binaan Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN), di Desa Kambitin, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan.

Melihat kualitas dan hasil penjualan buah naga serta ketertarikan beberapa masyarakat yang berkunjung, Sugito berencana mengembangkan kebunnya menjadi lebih besar lagi. Serta, ingin menjadikannya wisata petik buah.

Dketahui, Sugito adalah salah satu petani sukses binaan Yayasan Adaro Bangun Negeri ( YABN) yang tergabung dalam Kelompok Tani Griya Organik.

Walaupun saat ini sudah tidak didampingi YABN, tetapi Ia mampu bertanggungjawab menggunakan dan merawat bantuan yang telah diberikan YABN. Bahkan secara mandiri, terus mengembangkannya. (AOL/*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved