Kriminalitas Kaltim

 Residivis Pencurian Motor di Berau Kaltim Kembali Diringkus Polisi,  Beraksi di 10 Lokasi

residivis pencurian motor  di Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur ditangkap polisi. Sebelum tertangkap beraksi di 10 lokasi

Editor: Hari Widodo
TRIBUNKALTIM.CO/RENATA ANDINI
Residivis pencurian motor, ID berhasil diringkus oleh personel Polres Berau, Senin (20/6/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID. TANJUNG REDEB -  Berulah lagi, seorang residivis pencurian motor  di Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur ditangkap polisi.

Residivis pencurian motor berinisial ID (34) tersebut kembali diringkus oleh aparat Polres Berau setelah melakukan pencurian sebuah sepeda motor pada Jumat (28/5/2022) sekitar pukul 05.00 Wita lalu.

Sebelum tertangkap petugas kepolisian, warga Jalan Durian II, Kecamatan Tanjung Redeb melakukan aksi serupa selama 5 kali di Berau dan 5 kali di Samarinda.

Kasat Reskrim Polres Berau, AKP Ferry melalui KBO Reskrim, IPTU Budi Raharjo didampingi Kaur Identifikasi, IPDA Siswanto menceritakan kronologis pencurian motor yang dilakukan tersangka.

Baca juga: Dua Pelaku Pencurian Motor di Palangkaraya Kalteng Dibekuk, Beraksi di 12 TKP Saat Ramadan

Baca juga: Dalangi Pencurian Motor di Banjarbaru dan Martapura, Warga Cempaka Ini Ngaku Untuk Modal Nikah

Pencurian motor ini diketahui terjadi saat istri korban bangun untuk membersihkan rumah dan beres-beres rumah sambil menyapu diruang tamu.

“Kemudian saat istri korban menyapu sampai halaman rumah dan membuka pintu, istri korban tidak melihat motor milik korban tersebut terparkir didepan rumah,” ungkapnya kepada TribunKaltim.co, Senin (20/6/2022).

Lebih lanjut ia menjelaskan, karena tidak melihat motor yang biasa terparkir di depan rumah, istri korban masuk kamar dan membangunkan korban untuk memberitahukan kejadian tersebut.

Setelah bangun, istri korban bertanya keberadaan motor dan korban memberitahu jika motor ada diluar rumah.

“Karena melihat kunci motor tergantung di dalam rumah dan motor tak ada di luar, korban pun langsung melaporkan kejadian tersebut ke Mapolres Berau,” ujarnya.

Budi menambahkan jika pelaku merupakan residivis yang sudah pernah masuk penjara dengan kasus yang sama.

Sebelum tertangkap, pelaku diketahui sudah melakukan aksi serupa selama 5 kali di Berau dan 5 kali di Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur.

“Selain itu pelaku juga melakukan aksi penggelapan. Motor hasil curian dijual pelaku ke luar Tanjung Redeb dan uang hasil penjualan barang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari,” tambahnya.

Baca juga: Dalang Pencurian Motor di Bengkel di Kertak Hanyar Ditangkap, Pelakunya Ternyata Pria Tanahbumbu

Beberapa kasus pencurian yang terjadi dilakukan pelaku dengan menggunakan kunci T dan ada beberapa yang didorong selanjutnya dibuatkan kunci duplikat.

“Akibat perbuatannya, pelaku terancam Pasal 363 KUHP dengan ancaman pidana penjara paling lama lima tahun atau denda paling banyak enam puluh rupiah,” pungkasnya. (*)


Artikel ini telah tayang di TribunKaltim.co dengan judul Residivis Kasus Pencurian Kembali Ditangkap Polisi Berau

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved