Ekonomi dan Bisnis

Tembus di Angka Rp 17 Juta per Kilo, Budidaya Sarang Burung Walet Kualitas Ekspor Makin Diminati

Harga sarang burung walet di tahun 2022 ini kian menggiurkan. Kini, harganya perkilogram menembus Rp 15 juta per kilogram

Penulis: Nurholis Huda | Editor: Hari Widodo
Banjarmasinpost.co.id/nurholis huda
Petugas di pabrik membersihkan sarang burung walet, Kamis (7/10/2021). Kini harga sarang walet menembus hingga Rp 17 Juta per kilogram. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, Banjarbaru - Harga sarang burung walet di tahun 2022 ini kian menggiurkan.

Jika sebelumnya harga sarang Walet kualitas ekspor yang mangkok bersih dikisar Rp 14 juta per Kilogram. 

Kini harga sarang burung walet sudah naik menjadi Rp Rp 17 juta per kilogramnya. 

Karena itu tidak heran, banyak warga di Banua yang kian berlomba membudidaya sarang burung walet tersebut. 

Dari data,  Saat ini di Kalimantan Selatan terdapat rumah walet sebanyak 4.956 Unit yang diusahakan oleh 4.682 pelaku usaha SBW yang tersebar di 13 kabupaten/ kota. 

Baca juga: Ekspor Sarang Walet dari Kalsel Lagi, Kali Ini ke Hongkong dengan Nilai Rp 700 Juta

Baca juga: Nekat Beraksi Saat Libur Lebaran 2022, Dua Pencuri Sarang Walet di Singkawang Ditangkap Warga

Baca juga: Dihajar Petir, Gedung Sarang Walet di Tanjung Pinang Palangkaraya Hangus Terbakar

Sehingga secara nasional Kalsel telah berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan bahan baku SBW. Hal ini menunjukkan bahwa SBW di Kalsel sangat potensial untuk dikembangkan. 

Kepala Bidang Penyuluhan, Pengolahan dan Pemasaran Disbunak Kalsel, Muhammad Rusli, mengatakan pihaknya sengaja, mengumpulkan  Dinas Kabupaten/ Kota yang membidangi fungsi peternakan, serta mengumpulkan pelaku usaha sarang burung walet. 

"Termasuk Tim Koordinasi Percepatan Ekspor Komoditas Perkebunan dan Peternakan Disbunnak Prov. Kalsel juga kami undang. Tujuannya sebagai upaya kembangkan potensi ekspor KalSel dari sektor sarang burung walet," kata Muhammad Rusli, Jumat (17/6/2022). 

Dalam rapat itu, Disbunak Kalsel juga menghadirkan narasumber dari PT. Agrika Gatya Arum, Nurul Maulida Rahma yang memberikan materi Succes Story PT Agrika Gatya Arum dalarn Bisnis Sarang Burung Walet dan narasumber dari Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Banjarmasin, drh. lsrokal dengan materi Proses Bisnis Sarang Burung Walet. 

Baca juga: Pertama Kalinya, Sarang Burung Walet Kalsel Diproses Langsung di IKH Banjarmasin

Nurul Perwakilan dari PT. Agrika Gatya Arum mengakui perusahanya satu-satunya perusahaan di KaISel yang bergerak di bidang pencucian dan ekspor sarang burung walet dan sudah berhasil melakukan ekspor SBW secara langsung ke dua negara di Asia, yaitu Hongkong dan Singapura. 

"Selama kurun waktu tahun 2022 sampai dengan bulan Juli 2022 PT. Agrika telah berhasil mengekspor SBW ke Hongkong sebanyak 321 kilogram dengan nilai Rp 5,1 Milyar Rupiah," ujarnya. (Banjarmasinpost.co.id /Nurholis Huda). 


 

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved