Berita Banjarmasin

Atasi Banjir Rob, Pemko Banjarmasin Rencanakan Pasang Pintu Klep Air Otomatis

Mengatasi banjir rob yang merendam pemukiman hingga jalan protokol, Dinar PUPR Banjarmasin merencanakan memasang pintu klep air otomatis

Penulis: Frans Rumbon | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/frans rumbon
Banjir rob yang merendam Jalan Cendrawasih Banjarmasin, Rabu (22/6/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Fenomena banjir rob kembali melanda sejumlah kawasan di Banjarmasin sejak beberapa hari terakhir.

Tidak hanya melanda permukiman warga, banjir rob ini juga sampai merendam sejumlah ruas jalan protokol di Kota Seribu Sungai (julukan Banjarmasin, red).

Terkait hal ini pula, Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin melalui Bidang Drainase Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) berencana menerapkan sistem baru khususnya berkaitan dengan drainase.

Bidang Drainase Dinas PUPR Banjarmasin, akan memasang pintu klep air otomatis ke depannya di sejumlah kawasan.

"Rencananya tahun depan kita mulai pasang pintu klep air otomatis," kata Kabid Drainase Dinas PUPR Banjarmasin, Hizbul Wathony.

Baca juga: Banjir Rob di Banjarmasin, Air Pasang Genangi Rumah Warga di Kuin Utara

Baca juga: VIDEO Penampakan Banjir Rob di Jalan Kelayan B Banjarmasin

Pria yang akrab disapa Thony ini menerangkan pintu klep otomatis ini secara otomatis akan membuka dan menutup saat banjir rob datang.

"Kalau airnya pasang maka akan menutup, kalau airnya surut maka akan terbuka," katanya.

Pemasangan pintu klep otomatis ini lanjutnya tidak lain untuk mencegah masuknya air ke ruas jalan hingga menggenang.

"Selama ini kan kalau air pasang, air masuk merambah ke jalan karena masuk melalui saluran-saluran. Dan kalau dipasang klep otomatis ini, harapannya air tidak masuk sampai ke jalan lagi," jelasnya.

Disinggung mengenai harga, Thony pun mengaku masih belum mengetahui secara pasti nominalnya."Kalau kita browsing di internet harganya sekitar Rp 25 jutaan," katanya.

Baca juga: Banjir Rob Rendam Jalan Kelayan B Banjarmasin, Warga Sebut Air Pasang Terjadi Tiga Hari Terakhir

Disinggung di titik mana saja nantinya akan dipasangi klep pintu air otomatis ini, Thony pun memperkirakan sekitar 20 buah.

"Mungkin di kawasan Jalan Lambung Mangkurat dan juga Jalan Brigjen Hasan Basri. Dan yang kita pasang yang di daerah muaranya atau saluran drainase yang langsung menuju sungai," pungkasnya.(Banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved