Vaksinasi Covid 19 di Kalsel

Dukung Transisi Pandemi ke Endemi, BIN Kalsel Gelar Vaksinasi Massal di Pasar Bauntung Banjarbaru

BIN Daerah Kalimantan Selatan kembali menggelar vaksinasi massal di Pasar Bauntung Kota Banjarbaru.

Penulis: Muhammad Rahmadi | Editor: Eka Dinayanti
BIN Kalsel
Kegiatan vaksinasi massal yang dilaksanakan oleh BIN Daerah Kalsel. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Indonesia sudah mulai melakukan transisi dari masa pandemi covid-19 menuju fase endemi.

Berbagai strategi dilakukan guna mendukung kebijakan pemerintah tersebut, termasuk melakukan antisipasi agar tidak terjadi lonjakan kasus positif covid-19.

Salah satunya yang dilaksanakan oleh Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Kalimantan Selatan, dengan kembali menggelar vaksinasi massal di Pasar Bauntung Kota Banjarbaru.

Kepala BIN Daerah Kalsel, Brigjen Pol Dr Heri Armanto, S H, M Si menjelaskan, kegiatan vaksinasi ini digelar sebagai bentuk dukungan atas kebijakan pemerintah yang mulai bertransisi menuju fase endemi.

Baca juga: Dinas Kesehatan Kalsel Tunggu Arahan Resmi Terkait Vaksinasi Dosis Keempat

"Kegiatan hari ini kami laksanakan secara terpusat di Pasar Bauntung Kota Banjarbaru, serta di beberapa kabupaten/kota lain di Provinsi Kalsel, sebagai bentuk kebijakan pemerintah yang mulai bertransisi dari masa pandemi covid-19 menuju fase endemi," kata Heri, Rabu (21/6/2022).

Heri menambahkan, vaksinasi adalah satu di antara kunci utama suksesnya transisi dari masa pandemi covid-19 menuju endemi, sebab dapat meningkatkan imunitas masyarakat dan membentuk kekebalan komunal.

"Vaksinasi covid-19 masih menjadi fokus utama BIN dalam penanganan pandemi covid-19. Untuk itu, kami mengimbau kepada seluruh masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi covid-19, baik primer maupun booster, untuk mengikuti vaksinasi di gerai-gerai yang telah disediakan oleh pemerintah," ucap Heri.

Baca juga: Polres Banjar Gencar Gelar Percepatan Vaksinasi Covid-19

Selain itu, Heri juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat, terutama dihadapkan pada temuan varian baru covid-19 omnicron, yakni subvarian BA.4 dan BA.5.

"Kami juga menghimbau masyarakat untuk tetap patuh dan menerapkan protokol kesehatan. Apalagi saat ini ada temuan varian baru covid-19, yaitu subvarian BA.4 dan BA.5 yang menjadi penyebab kembali naiknya kasus covid-19 di Indonesia," terangnya.

Untuk diketahui, BIN Daerah Kalsel selama Tahun 2022 ini telah melakukan vaksinasi covid-19 kepada 624.488 oran, dengan sasarannya adalah masyarakat umum, terutama bagi masyarakat kelompok rentan, seperti Lansia dan anak-anak usia 6-11 tahun.

( Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Rahmadi)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved