Idul Adha 2022

Hukum Berkurban Idul Adha Namun Belum Akikah, Begini Penjelasan Ustadz Abdul Somad

Ustadz Abdul Somad menjelaskan hukum berkurban namun belum akikah.Tak sampai 1 bulan, Idul Adha 2022 telah tiba.

Penulis: Mariana | Editor: M.Risman Noor
MC PEMKAB BANJAR
Peringatan ibadah kurban Idul Adha 1442 H digelar Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Rabu (21/7/2021). 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Melaksanakan kurban adalah salah satu kegiatan yang dianjurkan di Hari Raya Idul Adha. Ustadz Abdul Somad menjelaskan hukum berkurban namun belum akikah.

Kurang dari satu bulan umat muslim akan menyambut datangnya Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah.

Di tahun ini, Hari Raya Idul Adha 2022 diperkirakan jatuh pada Sabtu (9/7/2022).

Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Haji, disebut pula Hari Raya Kurban sebab itulah umat Islam disunnahkan menyembelih hewan kurban.

Apakah boleh melaksanakan kurban namun belum akikah?

Baca juga: Jaga Kestabilan Sistem Saraf Lewat Konsumsi Daging, dr Zaidul Akbar Bagikan Cara Pengolahan

Baca juga: Meriahkan Piala Kasad 2022 di Kabupaten Batola, Santri Bawa Terbang Hingga Jeriken Air

Ustadz Abdul Somad menjelaskan tidak ada keterkaitan hukum antara akikah dan kurban.

"Akikah itu tanggung jawab orangtua kepada anaknya, misalnya saya tanggung jawab bapak saya untuk meng akikahkan," jelas pendakwah yang karib disapa UAS dikutip Banjarmasinpost.co.id dari kanal youtube Bujang Hijrah.

Ia menambahkan, akikah dilakukan sejak baru lahir hingga akil baligh, jika seseorang hingga dewasa belum akikah dan ingin berkurban, maka sah-sah saja dilakukan karena tidak ada keterkaitan antara keduanya.

Akikah dan kurban bukan seperti wudhu dengan shalat, yang mana barangsiapa tak wudhu maka tak boleh shalat, siapa tak akikah tak boleh kurban, tidak demikian.

"Akikah itu tidak ada yang menyatakan hukumnya wajib, empat mazhab sepakat mengatakan akikah sunnah muakkad, setiap anak tergadai dengan akikahnya, sembelihkan kambing pada hari ketujuh, cukur rambut, kasih nama yang baik dan elok, itu cara menebus anak, sunnah," terang Ustadz Abdul Somad.

Dalam kehidupan sehari-hari terutama zaman dulu, banyak orang tidak mampu untuk akikah anak, UAS menuturkan bagi yang belum akikah meski sudah dewasa atau bahkan tua boleh meng akikahkan dirinya sendiri.

Dalil orang yang sudah tua boleh akikah adalah Nabi Muhammad meng akikahkan dirinya setelah menjadi Nabi SAW.

Menjelang Hari Raya Idul Adha dan memiliki budget sederhana, Ustadz Abdul Somad menganjurkan untuk mendahulukan kurban, baru kemudian jika ada rezeki lebih melaksanakan akikah bagi yang belum.

"Andai tak mengerjakan akikah pun tak apa, tapi kalau mau akikah hukumnya mubah sedangkan kurban hukumnya sunnah muakkad," tukasnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved