Religi

Amalan Zikir Pagi & Petang Diungkap Ustadz Adi Hidayat, Selain Pahala Juga Mendapat Ketenangan Batin

Ustadz Adi Hidayat mengungkapkan keutamaan Zikir. Simak juga amalan Zikir pagi dan petang yang bisa dikerjakan

Editor: Irfani Rahman
gulalives.co
Ilustrasi berzikir. Berikut ini zikir yang bisa diamalkan pagi dan petang 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Berikut amalan pagi dan petang yang bisa diamalkan. Ustadz Adi Hidayat paparkan keutamaan mengamalkan Zikir baik pada waktu pagi hari dan petang.

Berzikir adalah sesuatu yang sangat baik diamalkan. Disetiap kesempatan hendaknya kita selalu mengingat Allah SWT.

Ustadz Adi Hidayat atau kerap disapa UAH mengungkapkan Zikir pun bisa dilakukan kapan saja. Baik pagi dan petang dan setiap ada kesempatan seperti saat sedang bekerja,  hingga dalam  perjalanan.

Apalagi Zikir tak memberatkan kita. Zikir pun bisa dilakukan kapan saja seperti dalam perjalanan hingga bekerja. Ustadz Adi Hidayat pun pernah menjelaskan mengenai amalan-amalan yang baik dikerjakan pada pagi hari dan petang.

Baca juga: Keutamaan Shalat Dhuha Dijabarkan Ustadz Adi Hidayat, Salah Satunya Diberikan Pertolongan Allah SWT

Baca juga: Prakiraan Cuaca Hari Ini Kamis 23 Juni 2022, 29 Wilayah Diguyur Hujan, Ada Banten, Riau dan Kalsel

Selain mengingat Allah SWT, kita yang mengerjakannya akan mendapatkan pahala. Banyak keutamaan kita dapatkan jika rutin mengamalkan Zikir.

Menurut Ustadz Adi Hidayat ( UAH), usai bangun dan mendirikan shalat Subuh, umat Muslim dianjurkan tidak terburu-buru langsung beraktivitas meninggalkan tempat shalat.

Ada amalan yang sangat dahsyat manfaatnya, dan apabila dikerjakan dengan sungguh-sungguh dan ikhlas akan mendatangkan ketenangan, kecukupan kebutuhan, mendapatkan perlindungan Allah, dan mendapatkan pahala di sisi-Nya.

UAH mengatakan Zikir pagi sangat penting dikerjakan, dan tidak memberatkan umat Islam. Karena zikir bisa mendekatkan diri seorang hamba kepada Allah dan dapat dilakukan saat duduk, berdiri, berjalan, sedang berkendara, atau menjalankan aktivitas lainnya.

Allah berfirman dalam Surat An-nisa 103 :

فَاِذَا قَضَيْتُمُ الصَّلٰوةَ فَاذْكُرُوا اللّٰهَ قِيَامًا وَّقُعُوْدًا وَّعَلٰى جُنُوْبِكُمْ ۚ فَاِذَا اطْمَأْنَنْتُمْ فَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ ۚ اِنَّ الصَّلٰوةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ كِتٰبًا مَّوْقُوْتًا

103. Selanjutnya, apabila kamu telah menyelesaikan salat(mu), ingatlah Allah ketika kamu berdiri, pada waktu duduk dan ketika berbaring. Kemudian, apabila kamu telah merasa aman, maka laksanakanlah salat itu (sebagaimana biasa). Sungguh, salat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.

Di ayat yang lain, Allah SWT juga memerintahkan hambaNya untuk bertasbih pada waktu tertentu, yakni pagi hari dan petang. Dalam Surat Al-Ahzab ayat 42-43 berfirman :

وَّ سَبِّحُوۡهُ بُكۡرَةً وَّاَصِيۡلًا هُوَ الَّذِىۡ يُصَلِّىۡ عَلَيۡكُمۡ وَمَلٰٓٮِٕكَتُهٗ لِيُخۡرِجَكُمۡ مِّنَ الظُّلُمٰتِ اِلَى النُّوۡرِ

“Dan bertasbihlah kepada-Nya pada waktu pagi dan petang. Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan para malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu), agar Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman.”

Baca juga: Tak Hanya Pelepas Dahaga, Ini Manfaat Minum Air Putih Pagi Hari

Baca juga: Uang Anda Aman Dari Tuyul, Ustadz Khalid Basalamah Sebut Cukup Bacakan Surat Ini dan Tiupkan

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved