Prakiraan Cuaca

Prakiraan Cuaca Hari Ini Kamis 23 Juni 2022, 29 Wilayah Diguyur Hujan, Ada Banten, Riau dan Kalsel

BMKG mengeluarkan peringatan dini Kamis 23 Juni 2022, 29 eilayah akan diguyur Hujan. antara lain Riau , Banten dan Kalimantan Selatan

Editor: Irfani Rahman
pixabay.com
Ilustrasi - Simak peringatan dini BMKG Kamis, 23 Juni 2022. Waspada cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - 29 wilayah di Indonesia pada Kamis 23 Juni 2022 ini berpotensi kembali diguyur Hujan  lebat dan hujan.

Hal ini setelah Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) menginformasikan peringatan dini cuaca ekstrem di beberapa wilayah Indonesia, Kamis (23/6/2022).

Dari 25 wilayah tersebut daereh yang berpotensi diguyur Hujan lebat dan angin kencang serta petir adalah Banten, Riau, serta Kalimantan Selatan.

Sedangkan 4 wilayah lainnya berpotensi diguyur Hujan dengan angin kencang dan petir. Antara lain DKI Jakarta dan Jawa Barat

Baca juga: Afganistan Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 6.1, Korban Tewas 280 Orang, Kemungkinan Bertambah

Baca juga: Aceh Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5.3, Pusat Gempa di Kedalaman 10 Km Barat Daya Sinabang

Mengutip dari web.meteo.bmkg.go.id, terdapat 25 wilayah berpotensi terjadi cuaca ekstrem hujan lebat disertai kilat atau petir serta angin kencang.

Selain itu cuaca ekstrem hujan, kilat atau petir, dan angin kencang terjadi di 4 wilayah lainnya seperti Jawa Barat, DKI Jakarta, NTB, dan NTB.

Baca juga: Peringatan Dini BMKG Rabu, 22 Juni 2022: Hujan Lebat Disertai Angin Kencang di 29 Wilayah

Sirkulasi siklonik terpantau di Selat Karimata bag selatan yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) dari Selat Makassar bag selatan hingga Laut Jawa, dan dari perairan sebelah utara Jawa Barat hingga Sumatera Selatan.

Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang di Aceh, dari Sumatera Barat hingga Riau, dari Laut Jawa hingga Jambi, di Selat Karimata, di Laut natuna, di pesisir sebelah selatan Jawa.

Kemudian di Laut Jawa, di Kalimantan Barat bag utara dan selatan, di Kalimantan Timur, di Kalimantan Utara, di Laut Flores, dari Laut Banda hingga Sulawesi Selatan, di Maluku Utara.

Baca juga: Segudang Manfaat Minum Air Hangat Pagi Hari, Salah Satunya Mengurangi Stres

Lalu di Maluku, di Laut Timor, di Papua Barat dan di Papua serta daerah konfluensi di Selat Malaka, di perairan sebelah barat Bengkulu, di Laut Natuna, di Laut Sulawesi, dan di Laut Sulu.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Wilayah berpotensi hujan lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang:

- Aceh

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Berita Terkait :#Prakiraan Cuaca
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved