PT PLN Persero UIW KSKT

PLN Kalselteng dan Pemprov Kalsel Resmikan ALMA di Pelabuhan Ikan Banjar Raya. Lebih Irit 30 persen

Fasilitas kelistrikan di Pelabuhan Banjaraya, yakni Anjungan Listrik Mandiri (ALMA) resmi beroperasi dan melayani kebutuhan listrik temporer

Penulis: Nurholis Huda | Editor: Hari Widodo
Banjarmasinpost.co.id/nurholis huda
Suasana peresmian Anjungan Listrik Mandiri (ALMA) Docking Chrarging Station di Pelabuhan Ikan Banjarraya Banjarmasin, Jumat (24/6/2022).  

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN -  Fasilitas kelistrikan di Pelabuhan Banjaraya, yakni Anjungan Listrik Mandiri (ALMA) diresmikan oleh Gubernur Kalimantan Selatan, yang diwakili oleh Asisten 2 Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Kalsel, Saiful Azhari, bersama General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UIW Kalselteng), Tonny Bellamy, Jumat (24/6/2022) malam. 

Dalam sambutannya, General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UIW Kalselteng), Tonny Bellamy, menjelaskan Anjungan Listrik Mandiri merupakan bentuk konkret pelaksanaan program Electrifying Marine.

Tujuannya, untuk menjawab kebutuhan pelaku usaha di bidang kelautan dan perikanan guna memenuhi kebutuhan layanan listrik temporer seperti penerangan kapal, coldstorage serta kebutuhan listrik lainnya di lokasi dermaga, pelabuhan hingga Tempat Pelelangan Ikan (TPI).

"Implementasi ALMA menjadi inovasi PLN yang merupakan wujud dari transformasi pilar Customer Focus dan Innovative guna meningkatkan pelayanan listrik yang lebih mudah, terjangkau dan andal," kata dia. 

Suasana peresmian Anjungan Listrik Mandiri (ALMA) Docking Chrarging Station di Pelabuhan Ikan Banjarraya Banjarmasin, Jumat (24/6/2022).
Suasana peresmian Anjungan Listrik Mandiri (ALMA) Docking Chrarging Station di Pelabuhan Ikan Banjarraya Banjarmasin, Jumat (24/6/2022). (Banjarmasinpost.co.id/nurholis huda)

Dijelaskan dia, dengan total daya terpasang sebesar 27.500 VA, diharapkan ALMA dapat memenuhi kebutuhan para pelaku usaha di pelabuhan maupun dermaga untuk mengakses layanan listrik.

ALMA sekaligus menggantikan genset yang berbahan bakar fosil, karena masa depan menuntut penggunaan energi yang ramah lingkungan. Energi yang bersifat fosil lambat laun akan tersisih, digantikan energi hijau yang efisien dan ramah lingkungan. 

"Kelebihan lain penggunaan ALMA diantaranya tidak bising, aliran listrik lebih stabil, lebih efisien kurang lebih 30 persen jika dibandingkan menggunakan genset berbahan bakar solar.

"Perhitungan efisiensi dari ALMA ini jika menggunakan Genset : Rp. 36.050/malam (solar 7 liter @Rp. 5.150), maka dengan ALMA hanya Rp. 25.000/ malam," urai Bellamy. 

Dengan menggunakan ALMA Docking Station, kapal yang bersandar tidak perlu menyalakan genset yang menggunakan bahan bakar utama solar (polusi) tetapi menggunakan energi listrik yang tersedia di anjungan dermaga.

Pemilik kapal dapat menghemat pemakaian BBM dan dapat mulai membiasakan go green dalam melaksanakan aktivitas Docking bongkar muat di pelabuhan. Selain lebih green juga lebih efisien.

ALMA Docking Station ini merupakan Docking Station pertama di Kalimantan dan ketiga di Indonesia.

Suasana peresmian Anjungan Listrik Mandiri (ALMA) Docking Chrarging Station di Pelabuhan Ikan Banjarraya Banjarmasin, Jumat (24/6/2022). 
Suasana peresmian Anjungan Listrik Mandiri (ALMA) Docking Chrarging Station di Pelabuhan Ikan Banjarraya Banjarmasin, Jumat (24/6/2022).  (Banjarmasinpost.co.id/nurholis huda)

Sekertaris Persatuan Agen Penyalur Ikan, Pelabuhan Ikan di Banjar Raya, Priyadi Jaya, mengaku bersyukur ada fasilitas ini.

"Saya biasanya pakai genset menggunakan solar habis Rp 80 ribu per malam. Pakai ALMA ini, pakai token bisa hanya perlu Rp 30 ribu," jelasnya.

Dalam prosesi acara peresmian ditandai dengan pemotongan pita dan pemencetan tombol sirine.l, tanda telah Diresmikan ALMA di pelabuhan ikan Banjarraya. (Banjarmasinpost.co.id /Nurholis Huda) 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved