Kapal LCT Tenggelam

LCT Tenggelam di Perairan Sanipah Tanahlaut Kalsel Ditemukan Terbalik, Nasib 6 ABK Belum Diketahui

LCT Anugerah Indasah tenggelam di perairan Sanipah Tanjung Selatan (Tanjung Silat) di wilayah Desa Batakan dtemukan terbalik. Nasib, 6 ABK misterius

Penulis: Idda Royani | Editor: Hari Widodo
Ahmadi untuk BPost
TERBALIK - LCT Anugerah Indasah ditemukan dalam posisi terbalik di perairan Sanipah, Tanjung Selatan Desa Batakan, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanahlaut, Sabtu (25/6/2022) pagi. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Keberadaan Landing Craft Tank LCT Anugerah Indasah yang tenggelam di perairan Sanipah Tanjung Selatan (Tanjung Silat) di wilayah Desa Batakan, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), akhirnya terlacak.

Tim SAR gabungan yang kembali melakukan pencarian, Sabtu (25/6/2022) pagi, berhasil menemukan LCT tersebut.

"Sudah kami temukan sajauh sekitar lima mil dari daratan Sanipah. Posisi LCT terbalik," sebut Panit SAR Ditpolairud Polda Kalsel Iptu Sutarman.

Dikatakannya, saat Tim SAR gabungan balik kanan dalam perjalanan menemukan liferab. Perahu penyelamat tersebut terapung di perairan Tanjung Selatan.

Baca juga: Video Detik-Detik Evakuasi Penyelamatan ABK di LCT Yang Tenggelam di Perairan Sanipah Tala Kalsel

Baca juga: LCT Tenggelam di Perairan Sanipah Tanahlaut, Warga Batakan Sebut Gelombang di Tanjungsilat Ekstrem

Baca juga: LCT Tenggelam di Perairan Sanipah Tanahlaut Kalsel, Petugas Sempat Melihat Posisi Kapal

Sutarman mengatakan cuaca di perairan laut setempat belum bersahabat karena angin bertiup cukup kencang. Gelombang juga cukup besar sehingga belum memungkinkan dilakukan penyelaman guna mengecek kondisi ruangan LCR yang terbalik tersebut.

"Perlengkapan menyelam sebetulnya ada, namun kondisi cuaca di lokasi yang belum kondusif. Kami terus berkomunikasi dengan rekan Basarnas untuk langkah penyelaman nantinya jika cuaca sudah mendukung," tandas Sutarman.

Sementara ini pihaknya kembali merapat ke Pos TNI AL di Batakan. Sembari membahas langkah selanjutnya, pihaknya juga terus memantau perkembangan cuaca.

Apakah LCT tidak akan hanyut? "Kemungkinan meski pun bergeser tidak akan jauh karena posisinya terbalik dan anjungan diperkirakan akan menancap ke dasar saat air surut.  Informasinya saat surut kedalaman di perairan setempat sekitar tujuh meter saja," sebut Sutarman.

Pukul 07.00 Wita pagi tadi Tim SAR gabungan yang terdiri dari Basarnas Banjarmasin, Ditpolair Polda Kalsel, Satpoair Polres Tala, BPBD Tala dan Pos Lanal Batakan serta PMI Tala, berangkat dari pesisir Pantai. 

Sekitar satu setengah jam menuju lokasi sasaran, Tim SAR melihat benda terapung dan setelah didekati memang LCT Anugerah Indasah dalam posisi terbalik. LCT ditemukan pada koordinat -4.184145, +114.658525.

Sebelumnya pada Jumat sore pencarian juga telah dilakukan oleh Satpolairud Polres Tala, BPBD Tala, dan TNI AL.

Baca juga: BREAKING NEWS : Kapal LCT Tenggelam di Perairan Sanipah Tanahlaut, Petugas Lakukan Pencarian

Lantaran hanya menaiki kelotok kecil, pencarian hanya menyisiri perairan di sekitar pesisir Tanjung Selatan. Meski begitu mereka juga sempat melihat samar-samar benda dari kejauhan yang ditengarai LCT yang terbalik tersebut.

LCT Anugerah Indasah tersebut bertolak dari Banjarmasin pada Kamis malam pukul 20.00 Wita dua hari lalu dengan tujuan Samarinda, Kalimantan Timur.

Ada sebelas orang yang ada di dalamnya, lima orang di antaranya telah ditemukan dalam keadaan selamat dan dievakuasi ke Kotabaru oleh kapal Fery XII. (banjarmasinpost.co.id/idda royani)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved