PT PLN Persero UIW KSKT

Majukan Wisata Sungai di Banjarmasin, PLN Kalselteng Bangun Dermaga Wisata Kampung Hijau Sungai Bilu

PT PLN (Persero) UIW Kalselteng melalui program TJSL membangun sebuah dermaga di Kampung Wisata Sungai Bilu, Banjarmasin

Penulis: Nurholis Huda | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/aya sugianto
Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina melakukan ground breaking pembangunan dermaga kawasan Wisata Kampung Hijau di Kelurahan Sungai Bilu, Kota Banjarmasin, Rabu (29/6/2022) sore.  

BANJARMASINPOST, BANJARMASIN – Kawasan Wisata Kampung Hijau di Kelurahan Sungai Bilu, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), bakal segera memililki sebuah dermaga representatif untuk wisatawan. 

Dermaga wisata itu merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) dari PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UIW Kalselteng). 

Pemukulan pancang kayu dermaga untuk groundbreaking secara resmi dilakukan langsung oleh Wali Kota Banjarmasin  H Ibnu Sina, menandai dimulainya pengerjaan dermaga wisata di lokasi tersebut. 

Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum PLN UIW Kalselteng, Sigit Fanani, pada acara Groundbreaking dermaga wisata Kampung Hijau Sungai Bilu, mengatakan alasan dipilihnya Kampung Hijau sebagai penerima manfaat TJLS PLN untuk memajukan wisata sungai yang ada di Kota Banjarmasin.

"Sebab, Banjarmasin ini kan dikenal sebagai Kota Wisata Sungai, termasuk Kampung Hijau, jadi dengan dibangunnya dermaga ini banyak yang berkunjung, dan otomatis dapat menggerakan roda perekonomian masyarakat,” ucapnya.

Sigit membeberkan, selain memberikan TJSL pembangunan dermaga, PLN UIW Kalselteng juga turut memberikan pendampingan terhadap pelaku UMKM di Kampung Hijau untuk mendapatkan sertifikasi halal.

“Kita juga memberikan pendampingan bagi pelaku UMK disini, khususnya pengrajin kerupuk udang untuk mendapatkan sertifikasi halal agar produknya bisa lebih diterima lagi di masyarakat,” tambahnya.

Kembali ke soal Dermaga tersebut, dijelaskan dia, untuk pembangunan dermaga memerlukan waktu selama kurang lebih 1,5 bulan, dan Dermaga Kampung Hijau nantinya juga akan dilengkapi dengan fasilitas penunjang lainnya, semisal tempat sampah agar tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina, berterimakasih kepada PLN Kalselteng atas inisiasi Dermaga Desa Wisata Kampung Hijau melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL).

Ibnu Sina berujar, TJSL bentuk dermaga ini sangat tepat karena berpotensi mendukung wisata di Banjarmasin dan akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung, dan pastinya juga meningkatkan perekonomian bagi masyarakat sekitar, khususnya pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK).

Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina saat ground breaking pembangunan dermaga kawasan Wisata Kampung Hijau di Kelurahan Sungai Bilu, Kota Banjarmasin, Rabu (29/6/2022) sore.
Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina saat ground breaking pembangunan dermaga kawasan Wisata Kampung Hijau di Kelurahan Sungai Bilu, Kota Banjarmasin, Rabu (29/6/2022) sore. (banjarmasinpost.co.id/aya sugianto)

Dia berharap, setelah adanya pembangunan dermaga wisata ini keasrian Kampung Hijau, tetap dijaga, termasuk pohon Rambai yang ada tidak ditebang melainkan menyatu dengan desain dermaga. 

"Kami mengucapkan terima kasih, semoga pembangunannya bisa berjalan cepat agar masyarakat juga segera bisa memanfaatkan fasilitas yang dibangun,” tandas Ibnu Sina.

Pihaknya berharap, ketika Dermaga sudah rampung, bisa Diresmikan langsung oleh General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UIW Kalselteng), Tonny Bellamy.  (AOL)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved