Kriminalitas Tabalong

Pelaku Pencurian Motor di Parkiran Biliar Dibekuk Satreskrim Polres Tabalong Kalsel

Tersangka pelaku SP yang pernah terjerat kasus pembunuhan, pengeroyokan, penipuan, ditangkap Satreskrim Polres Tabalong karena kasus pencurian motor.

Penulis: Dony Usman | Editor: Alpri Widianjono
HUMAS POLRES TABALONG UNTUK BPOST
Kepala Satreskrim Polres Tabalong, Iptu Galih Putra Wiratama, didampingi Kasubsi PIDM Sihumas, Aipda Donny Diliansyah, dan Kanit I Satreskrim, Aipda Ida Setyawan, saat menggelar hasil pengungkapan kasus curanmor dengan tersangka SP (33). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Sudah beberapa kali keluar masuk penjara karena melakukan kejahatan, SP (33), kembali berulah.

Warga Jalan Panca Bakti, Kelurahan Belimbing, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), ini berurusan dengan polisi lagi. 

Lelaki tersebut dibekuk anggota Satreskrim Polres Tabalong karena diduga lakukan aksi pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

Lokasi kejadiannya di parkiran biliar  Jalan A Yani, Kelurahan Mabuun, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong, Kalsel.

Sepeda motor yang dicuri adalah milik MA (20), warga Jalan Pandan Arum 1, Kelurahan Belimbing Raya, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong, Kalsel.

Baca juga: Setahun Buron, Pelaku Penganiayaan Ditangkap Resmob Polres Tapin Kalsel

Baca juga: Terendus Polisi Saat Akan Transaksi, Pengedar di Banjarmasin Ini Sempat Buang Sabu ke Tanah

Sedangkan barang bukti yang turut diamankan petugas, yaitu sepeda motor Honda Scoopy lenglap beserta STNK, BPKB dan juga kunci kontaknya.

Kepala Polres Tabalong AKBP Riza Muttaqin, melalui, Kasatreskrim, Iptu Galih Putra Wiratama, Kamis (30/6/2022), menyampaikan, penangkapan terhadap tersangka dilakukan di Desa Warukin RT 06,  Kecamatan Tanta, Kabupaten Tabalong, Senin (27/6) sekitar pukul 00.30 Wita.

"Barang bukti, yaitu satu sepeda motor Scoopy warna merah diamankan di halaman sebuah ruko potong rambut yang berjarak kurang lebih 400 meter dari lokasi kejadian," katannya didampingi Kasubsi PIDM Sihumas, Aipda Donny Diliansyah, dan Kanit I Satreskrim, Aipda Ida Setyawan.

Disampaikan juga, tersangka pernah berperkara hukum, di antaranya penipuan wilayah Kabupaten Balangan, pembunuhan dan pengeroyokan di wilayah Kabupaten Tabalong.

Sementara itu, kasus curanmor yang dilakukan pelaku saat Minggu (26/6) sekitar pukul 22.30 Wita.

Baca juga: Belum Tetapkan Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Dana Hibah KONI Banjarbaru, Jaksa Periksa Enam Saksi

Baca juga: Kesal Saat Pulang Dimarahi , Pemuda 19 Tahun di Tabalong Kalsel Ini Hajar Istri Siri

Bermula, tersangka pada sekitar pukul 20.00 Wita pergi ke lokasi kejadian, bersama dengan temannya, yaitu HD aliad Tuhik. Tersangka mengendarai sepeda motor milik HD alias Tuhik.

Saat di lokasi kejadian, tersangka bersantai sambil meminum-minuman jenis tuak. Tidak lama kemudian,  melihat kunci sepeda motor yang terletak dekat di atas meja biliar.

Melihat hal tersebut, tersangka langsung mengambil kunci sepeda motor dan menuju ke parkiran luar biliar,  mencari untuk mencocokkan dengan menekan tombol remote hingga terdengar bunyi alarm.
 
Setelah didapat sepeda motornya, tersangka membawa keluar dari area biliar dan diketahui beberapa saksi di area parkiran.

Tersangka kemudan memarkirkan sepeda itu di halaman ruko potong rambut yang berjarak kurang lebih 400 meter dari lokasi kejadian. Selanjutnya, tersangka pergi ke Warukin.

Baca juga: Mojok Bermesraan di Taman Tugu Pelaihari, Sejoli dari Luar Tanahlaut Ini Tak Berkutik Diciduk Satpol

Baca juga: Selain Curanmor di Tabalong, Pria Balangan Ini Juga Dijerat Kasus Kepemilikan Sajam

Korban yang merasa kehilangan sepeda motor, melaporkan kejadiannya dan polisi langsung bergerak cepat hingga akhirnya bisa menangkap tersangka di Desa Warukin.

Hasil penyidikan, SP, ditetapkan sebagai tersangka tindak pidana curanmor dan  dijerat pasal 362 kuh pidana dengan ancaman hukuman selama - lamanya 5 tahun penjara.

(Banjarmasinpost.co.id/Dony Usman)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved