HST MUDA Makmur Unggul Dinamis

Bupati HST Resmikan Air Terjun Siwalangan Jadi Destinasi Wisata

Bupati HST H Aulia Oktafiandi meresmikan tempat wisata air terjun Siwalangan di Desa Kindingan, Kecamatan Hantakan, Minggu (3/7/2022) siang.

Penulis: Hanani | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/HANANI
Bupati H Aulia Oktafiandi disambut tokoh adat dan Pokdarwis di kawasan tempat wisata air terjun Siwalangan, Desa Kindingan, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Provinsi Kalimantan Selatan, Minggu (3/7/2022) siang. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Potensi wisata di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) terus didukung pengembannnya oleh Pemkab HST, baik melalui promosi wisata, maupun infrastruktur.

Salah satu objek wisata yang mendapat dukungan melalui Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata (Disporapar) kali ini adalah air terjun Siwalangan.

Letaknya di Desa Kindingan, Kecamatan Hantakan, sekitar 30 kilometer dari Barabai, ibu kota Kabupaten HST, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Air terjun tersebut diresmikan sebagai destinasi wisata alam baru yang ditandai dengan penandatangan di atas prasasti oleh Bupati HST H Aulia Oktafiandi, Minggu (3/7/2022) siang.

Peresmian ini juga dihadiri Kapolres HST AKBP Sigid Hariyadi, Dandim 1002 HST Letkol Kav Gagang Prawardhana, Penjabat Sekda H Muhammad Yani, jajaran Disporapar HST, Kades  serta masyarakat Kindingan.

Prasasti peresmian air terjun Siwalangan oleh Bupati Hst Aulia Oktafian Minggu (03072022).
Prasasti peresmian air terjun Siwalangan oleh Bupati H Aulia Oktafian di Desa Kindingan, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Provinsi Kalimantan Selatan, Minggu (3/7/2022) siang.

Kehadiran Bupati dan rombongan disambut antusias masyarakat setempat di lokasi Air Terjun Siwalangan di HST ini.

Bersama Kelompok Masyarakat Sadar Wisata (Pokdarwis) Siwalangan Desa KIndingan, tokoh adat setempat juga memberikan sebakul beras gunung saat menyambut Bupati HST.

Juga ada penampilan tari Bakanjar dan Babangsai, tari adat Dayak menyambut tamu kehormatan.

Bupati HST H Aulia Oktafiandi dalam sambutannya, mengatakan, senang bisa mengunjungi langsung air terjun SIwalangan yang masih terawat secara alami di tengah hutan kawasan Pegunungan Meratus.

Ia  pun meminta agar Pokdarwis dan masyarakat di desa tersebut bisa menarik wisatawan dengan bersikap ramah kepada pengujung.

Bupati Hst Aulia Oktafiandi foto berlatar air terjun Siwalangan Minggu (03072022).
Bupati H Aulia Oktafiandi foto bersama berlatar air terjun Siwalangan di Desa Kindingan, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Provinsi Kalimantan Selatan, Minggu (3/7/2022) siang.

Selain itu, senantiasa menjaga kebersihan dan keamanan sekitar lokasi wisata Air Terjun Siwalangaan di Kabupaten HST tersebut dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Makin banyak orang berkunjung, dampaknya akan dirasakan oleh masyarakat. Semoga menjadi berkah bagi masyarakat,” katanya.

Ditambahkan Bupati H Aulia, masih banyak yang perlu diperbaiki di kawasan objek wisata ini. Khususnya terkait akses jalan dan infrastruktur pendukung lainnya. “Kami akan perbaiki secara bertahap,” katanya.

Setelah mendatangi air terjun Siwalangan dan berfoto bersama Kapolres dan Dandim, Bupati dan rombongan melanjutkan kunjungan ke Balai Adat Ulin Limpak, sekitar 100 meter dari air terjun.

Sementara itu, masyarakat setempat yang antusias menyambut kehadiran Bupati dan rombongan, berkumpul di sekitar lokasi wisata, sampai kegiatan kunjungan itu selesai. (AOL/*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved