Berita Balangan

29 Remaja di Balangan Ikuti Program Rehabilitasi Sosial, Dibekali Kemampuan untuk Buka Usaha 

Antusiasme remaja dari sejumlah desa di Kabupaten Balangan begitu tinggi ketika mereka resmi mengikuti Program Rehabilitasi Sosial

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Kepala Dinas Sosial Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Perempuan serta Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Balangan, Urai Iskandar melepas para peserta yang ikuti program rehabilitasi sosial dari Dinsos Provinsi Kalsel, Senin (4/7/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Antusiasme remaja yang berasal dari sejumlah desa di Kabupaten Balangan begitu tinggi ketika mereka resmi mengikuti Program Rehabilitasi Sosial Penerima Manfaat atau Klien Kabupaten Balangan Tahun 2022.

Sedikitnya, ada 29 orang yang beruntung mengikuti program tersebut. Dimana mereka ikut pelatihan di Panti Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Anak dan Remaja (PPRSAR) Mulia Satria, Banjarbaru. 

Kepala Dinas Sosial Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Perempuan serta Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Balangan, Urai Nur Iskandar secara langsung melepaskan para peserta yang ikut program tersebut di halaman Kantor Dinas Sosial Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Perempuan serta Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Balangan, Komplek Perkantoran Kabupaten Balangan, Senin (4/7/2022).

Ia berpesan agar para peserta aktif untuk mengikuti berbagai kegiatan yang dijalankan pada Program Rehabilitasi Sosial Penerima Manfaat atau Klien Kabupaten Balangan Tahun 2022 ini.

Baca juga: Objek Wisata Sungai Meranting Kabupaten Balangan Makin Diminati Masyarakat

Baca juga: Semarakan CFD di Paringin, Polres Balangan Hadirkan Polisi Berkuda dan Tarian Papua

Harapannya,  ke depannya dapat memberikan manfaat secara pribadi. Terutama menambah kemampuan pada bidang yang diikuti. 

"Pada kegiatan ini, peserta pendidikan atau pelatihan mendapatkan ilmu atau ketrampilan yang bisa diterapkannya untuk membuka usaha," ucap Urai. 

"Selain itu mereka juga mendapat peralatan pendukung untuk usaha sesuai bidang yang digeluti," tambahnya. 

Sebagaimana diketahui, program ini menyasar keluarga yang memiliki anak remaja dengan kehidupan belum sejahtera. Tujuannya yakni agar remaja tersebut memiliki kemampuan yang nantinya bisa dijadikan sebagai usaha secara mandiri dan menghasilkan nilai ekonomi. 

Bagi mereka yang ingin ikut program tersebut bisa mendaftarkan diri saat Dinas Sosial Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Perempuan serta Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Balangan membuka pendaftaran.

Tentunya program ini juga ditujukan bagi warga Balangan yang memenuhi persyaratan. Lalu akan dilakukan verifikasi dan seleksi oleh Dinsos Provinsi Kalsel. 

Dibeberkan Urai, Program Rehabilitasi Sosial Penerima Manfaat atau Klien Kabupaten Balangan Tahun 2022 ini meliputi kegiatan pendidikan dan keterampilan maupun sekolah bagi penerima manfaat atau klien dari Kabupaten Balangan pada semester dua yakni Bulan Juli hingga Desember 2022.

Ada beberapa program yang diikuti yakni Panti Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Anak dan Remaja (PPRSAR) Mulia Satria, program enam bulan untuk 13 orang. Dimana satu orangnya dianggarkan Rp 45 juta. 

Lalu program sekolah hingga tamat SLTA untuk tujuh orang yang anggaran perorangnya Rp 50 juta. 

Ada pula program Panti Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial (PRSTS) Barakat Cangkal Bacari yang berlangsung selama enam bulan untuk 11 orang dengan anggaran per orang Rp 45 juta. Serta Panti Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Iskaya Banaran, program enam bulan dengan kuota satu orang yang anggaran perorangnya Rp 45 juta. 

Baca juga: NEWS UPDATE Harga Jual Sedang Tinggi Jelang Idul Adha, Peternak di Balangan Tak Berani Stok Sapi

Total semester 2 Tahun 2022 dana yang dapatkan Kabupaten Balangan melalui program tersebut sebesar 1.475.000.000. Anggaran ini sebut Urai bersumber dari dana Pemprov Kalsel. 

Pada tahun ini pula, Kabupaten Balangan mendapat kuota terbanyak. Sehingga pihaknya pun tidak melewatkan kesempatan tersebut untuk mengirimkan peserta yang layak mendapatkan bantuan pendidikan.

(Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved