Ekonomi dan Bisnis

Dinas LHP Kabupaten Hulu Sungai Tengah Luncurkan Pembayaran Berbasis QRIS

Disampaikan Plt Kepala Dinas LHP HST, Mursyidi, QRIS memudahkan masyarakat melakukan transaksi maupun pembayaran retribusi daerah.

Penulis: Hanani | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/HANANI
Pengendara antre memasuki portal parkir di Pasar Keramat, Kota Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Mulai 1 Oktober 2021, Pemkab HST berlakukan pemungutan parkir 24 jam melalui sistem portal ini. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (LHP) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). meluncurkan penggunaan aplikasi pembayaran non tunai.

Aplikasi tersebut untuk pembayaran retribusi melalui platform QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard.

Disampaikan Plt Kepala Dinas LHP HST, Mursyidi, sistem itu memudahkan masyarakat melakukan transaksi maupun pembayaran retribusi daerah.

Melalui QRIS, masyarakat bisa mengakses aplikasi yang disediakan Dinas LHP HST. Seperti melakukan pembayaran retribusi untuk uji kir kendaraan dan retribusi lainnya.

Baca juga: Rekening Aksi Cepat Tanggap (ACT) Diblokir PPATK, Ini Kata Presiden ACT Ibnu Khajar

Baca juga: Kasus Dugaan Penyelewengan Dana ACT Menyeruak, Kapolda Kalsel: Penanganan Dilakukan Bareskrim

“Sudah diluncurkan Senin 4 Juli 2022 oleh Bupati HST,” kata Mursyidi,Rabu (6/7/2022).

Dijelaskan, pembayaran non tunai retribusi Bidang Perhubungan Platform QRIS merupakan kemajuan teknologi yang berkembang.

Inovasi tersebut memudahkan transaksi, salah satunya dalam pembayaran retribusi pengujian kendaraan bermotor dan parkir yang dikelola Pemkab HST.

Disebutkan, HST merupakan kabupaten pertama di Kalimantan Selatan yang menerapkan inovasi ini dalam administrasi keuangan daerah.

Baca juga: Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto Pimpin Sertijab PJU dan Tiga Kapolres

Baca juga: Penipu Jual Beli Solar Raup Hampir Rp 1 Miliar, Tiga Tersangka Dibekuk Macan Kalsel

Bupati, kata Mursyidi, mengapresiasi keberanian Dinas LHP HST melakukan pembaruan. Termasuk kepada Bank Kalsel yang telah bekerja sama dan memfasilitasi pelayanan retribusi menggunakan QRIS.

“Diharapkan, inovasi ini dapat meningkatkan antusiasme masyarakat dalam membayar retribusi. Juga mengoptimalkan pemungutan retribusi parkir, sehingga dapat meningkatkan Pendapatan asli daerah di dua sektor tersebut,” ungkasnya.  

(Banjarmasinpost.co.id/Hanani)

  • Berita Terkait :#Ekonomi dan Bisnis
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved