Berita Balangan

Antisipasi Wabah Makin Parah, Satgas PMK Balangan Gencarkan Disinfeksi Kandang Hewan Ternak

Satgas PMK Polres Balangan bersama dengan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) terus lakukan pencegahan wabah pada hewan ternak.

Penulis: Isti Rohayanti | Editor: M.Risman Noor
banjarmasinpost.co.id
Kapolres Balangan, AKBP Zaenal Arifin tinjau pelaksanaan disinfeksi di Sentral Peternakan Kabupaten Balangan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN- Satgas Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Polres Balangan bersama dengan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Balangan terus lakukan pencegahan dan penanganan PMK pada hewan ternak.

Kali ini, Tim Satgas PMK menyemprot cairan disinfektan ke kandang hewan ternak di dua tempat yaitu di Sentra Kawasan Pembibitan Peternakan Desa Harapan Baru Kecamatan Paringin Selatan dan Desa Kalahiang Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan, Jumat, (8/7/2022).

Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin, secara langsung meninjau proses penyemprotan. Disinfeksi dengan penyemprotan tersebut merupakan upaya Polri dan instansi terkait yang tergabung dalam Satgas PMK untuk menanggulangi penyebaran virus yang menyerang mulut dan kuku pada hewan Sapi.

Kegiatan ini kata Kapolres Balangan, juga termasuk dalam Operasi Aman Nusa II, dimana dalam pelaksanaannya dilakukan secara terbuka serta mengedepankan pencegahan dan penanganan.

Baca juga: Perekonomian Indonesia Terus Membaik, Pemerintah Terus Dorong Program Hilirisasi

Baca juga: Airlangga Hartarto Bakal Hadiri Sherpa ke-2 di Labuan Bajo, Berikut Jadwal Rangkaian Acara

“Desinfeksi ini adalah upaya dalam mencegah penyebaran PMK," ucapnya.

Dalam hal ini, Kapolres Balangan juga meminta peran serta masyarakat dengan melaporkan apabila mengetahui atau hewan ternaknya terjangkit PMK.

Selain itu, Satgas PMK Kab. Balangan juga akan melaksanakan patroli guna melakukan pengecekan dan untuk membatasi mobilitas hewan ternak antar kabupaten atau kota.

(banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved