Berita Batola

Hingga Juli 2022, UPTD PPA Batola Terima 30 Pengaduan, Terbanyak Pelecehan dan Kekerasan seksual

Pelecehan dan kekerasan seksual mendominasi kasus yang diterima UPTD PPA Barito Kuala.

Penulis: Muhammad Tabri | Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/Muhammad Tabri
Kantor UPTD PPA Barito Kuala di Jalan Gusti Muhammad Seman, Kelurahan Ulu Benteng, Kecamatan Marabahan, Kabupaten Barito Kuala 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Barito Kuala melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak ( UPTD PPA) catat 30 kasus aduan di sepanjang 2022 yang masih berjalan.

Angka ini ditengarai mengalami kenaikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, yakni 2018 hanya ada 8 kasus, 2019 ada 11 kasus, 2020 ada 25 kasus dan 2021 sebanyak 24 kasus.

Disampaikan Subiyarnowo, Kepala UPTD PPA, DPPKBP3A Barito kuala, dari 30 kasus yang masuk di meja pengaduan, sembilan di antaranya mengenai pelecehan dan kekerasan seksual. Semuanya merupakan perempuan dan anak-anak.

"Pelecehan dan kekerasan seksual saat ini cukup mendominasi, ada sembilan aduan. Lainnya ada perebutan hak asuh anak, istri gugat cerai, KDRT fisik dan psikis," ungkap Subiyarnowo, Jumat (8/7/2022).

Baca juga: Tiga Jabatan Kades di Batola Kosong, Kadis DPMD Batola Mochammad Aziz Janji Terisi Tahun Ini

Ia pun menambahkan 15 kasus di tahun ini sudah selesai ditangani, dua di antaranya merupakan kasus 2021.

Sedangkan 15 kasus lainnya masih berjalan.

UPTD PPA, DPPKBP3A Barito kuala merupakan unit yang dibentuk Pemkab Batola untuk memberikan layanan bagi perempuan dan anak mengalami kekerasan, diskriminasi, perlindungan khusus serta masalah lainnya.

Unit ini juga menyelenggarakan layanan untuk pengaduan masyarakat, penjangkauan korban, pengelolaan kasus, penampungan sementara, mediasi dan pendampingan korban.

( Banjarmasinpost.co.id/MuhammadTabri)

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved