Idul Adha 2022

Lafaz Bacaan Niat Mandi Hari Raya Idul Adha, Simak Tata Caranya Sambut Hari Raya Kurban 2022

Simak Niat mandi hari raya Idul Adha. Simak sebelum merayakan Hari Raya Kurban 2022 atau Idul Adha 1443 H. Ini lafaz Niat Mandi Idul Adha.

Penulis: Mariana | Editor: Murhan
sutterstock
Ilustrasi Mandi Hari Raya Idul Adha. Simak Panduan dan Niat Mandi Hari Raya Idul Adha 2022. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Simak Niat mandi hari raya Idul Adha. Simak sebelum merayakan Hari Raya Kurban 2022 atau Idul Adha 1443 H.

Tak lama lagi, Hari Raya Idul Adha 1443 H datang. Dijadwalkan, hari raya itu jatuh setiap tanggal 10 Zulhijah kalender Hijriyah.

Pada tahun ini, Hari Raya Idul Adha 1443 H ditetapkan pemerintah berdasarkan hasil sidang isbat jatuh pada Minggu (10/7/2022).

Nah, terdapat amalan-amalan sunnah yang dianjurkan bagi umat muslim dikerjakan pada Hari Raya Idul Adha, di antaranya mandi.

Baca juga: Panduan dan Niat Sholat Idul Adha 2022, Ustadz Abdul Somad Beberkan Beda dengan Idul Fitri

Baca juga: Daftar Link Twibbon Selamat Idul Adha 1443 H, Kirimkan untuk Sambut Hari Raya Kurban 2022

Ustadz Adi Hidayat menjelaskan sebelum shalat Idul Adha ada persiapan yang disunnahkan bagi umat Islam.

"Memakai pakaian terbaik disertai wewangian. Ini berdasarkan hadist riwayat Hakim langsung dari cucunya Nabi Muhammad SAW, Al-Hasad. Telah diperintahkan kepada Kami di setiap dua hari Raya, Idul Fitri dan Idul Adha. Apa perintahnya? Ada yang umum dan khusus Idul Adha saja, secara umum mengenakan pakaian terbaik, secara khusus Idul Adha, 10 hari pertama pahalanya Jihad Fii sabilillah," terang Ustadz Adi Hidayat dilansir Banjarmasinpost.co.id dari kanal youtube Audio Dakwah.

Ia menambahkan, memakai baju bagus di Hari Raya Idul Fitri mendapat pahala, namun memakai pakaian bagus di Hari Raya Idul Adha bukan hanya dapat pahala biasa, namun bisa senilai jihad.

Meski disunnahkan terbaik, Ustadz Adi Hidayat menekankan bukan baju yang berharga mahal namun dari terbaik segi kehalalan mendapatkannya.

Kemudian, bagi kaum Adam memakai wewangian atau parfum yang hukumnya sunnah. Hal ini dilakukan setahun sekali saat Idul Adha bernilai pahala tinggi.

Ibadah sunnah lainnya sesuai perinta Rasulullah SAW saat Hari Raya Idul Adha adalah berkurban dengan yang terbaik dan mampu didapatkan.

"Misal anggaran Rp 3 juta, dari Rp 3 juta itu cari hewan kurban yang paling bagus, bisa domba, sapi atau kambing dilihat dari segi dagingnya bisa dimaksimalkan. Dari anggaran yang kita memiliki cari yang terbaik," paparnya.

Selain itu, hadist riwayat Ahmad menyebutkan sunnah pada Hari Raya Idul Adha adalah tidak makan terlebih dahulu sebelum shalat Idul Adha.

Perbedaan dengan Hari Raya Idul Fitri, disunnahkan makan untuk membedakan dengan hari sebelumnya di bulan puasa Ramadhan.

"Untung Idul Adha, sunnahnya jangan dulu makan. Kapan makan dilakukan? Kebiasaan Rasulullah SAW hingga pulang shalat ied, namun makna pulang disini adalah sudah meninggalkan tempat shalat, misal Anda lapar saat di perjalanan dan rumah masih jauh, maka boleh makan di perjalanan," urai Ustadz Adi Hidayat.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved