Kampusiana

Dorong Peningkatan Wirausaha SDI Anak Ceria Banjarbaru, Tim PDWA ULM Beri Latihan Keterampilan

Tim Program Dosen Wajib Mengabdi (PDWA) Fakultas Pertanian ULM beri keterampilan pada guru dan tenaga kependidikan di SDI Anak Ceria Banjarbaru.

Penulis: Muhammad Rahmadi | Editor: Alpri Widianjono
TIM PDWA FAKULTAS PERTANIAN ULM UNTUK BPOST
Tim Program Dosen Wajib Mengabdi (PDWA) Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat (ULM) sedang memberikan pelatihan tepat guna kepada guru dan tenaga kependidikan di SDI Anak Ceria Banjarbaru. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Dosen Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarbaru, Dr Ir Hamdani MS dan Dr Ir Muhammad Fauzi MP melaksanakan Program Dosen Wajib Mengabdi (PDWA).

Dalam program tersebut, kedua dosen ini memberikan diseminasi teknologi tepat guna, pada SD Islam (SDI) Anak Ceria Banjarbaru.

Dengan cara, menatalaksanakan pola wirausaha bagi seluruh warga sekolah, yakni guru, murid dan orangtua murid.

Sebab, sebagai sekolah swasta yang mengandalkan pemasukan dari iuran belajar bulanan murid, sekolah diharapkan mampu menjalankam program kewirausahaan. Sehingga, dapat dapat membantu kesejahteraan di masa pandemi ini.

Baca juga: Bantu Turunkan Kolesterol Usai Santap Daging Kurban, dr Zaidul Akbar Beberkan Resep Minuman Herbal

Baca juga: Pendaftaran Kartu Prakerja Gelomgang 36 Dibuka, Simak Syarat dan Tips Lolos Seleksi

Baca juga: Bakul Purun Makin Dikenal, Diskopperindag Batola Dapat Pesanan 2 Ribu dari Jakarta

"Ada beberapa jenis kewirausahaan yang akan dijadikan program usaha di SDI Anak Ceria Banjarbaru, yaitu produksi telur asin dengan media perendaman air garam, produksi kerupuk haruan, produksi aneka keripik olahan dari singkong, dan produksi kain sasirangan," kata Hamdani.

Selain itu, Tim PWDA ULM juga akan memberikan pelatihan keterampilan, guna meningkatkan mutu kemasan serta pendampingan pemasaran secara online.

Pelatihan penting untuk dilaksanakan menurut Tim PWDA ULM. Sebab, saat ini keterampilan para guru dan tenaga kependidikan dalam menjalankan aneka produk wirausaha, dinilai masih berdasarkan pengalaman yang mereka miliki.

"Terutama dalam pengemasan masih sederhana baik kualitas kemasan maupun informasi yang diberikan dalam kemasan, demikian juga dengan pemasaran yakni masih menggunakan jejaring sosial, dan mengikuti car free day atau pameran produk dari Disperindag," ungkapnya.

Baca juga: Covid-19 di Tanahlaut Kembali Renggut Nyawa, Satu Pasien dari Kecamatan Ini Tutup Usia

Baca juga: Inovasi Layanan Perpustakaan Palnam Banjarmasin, Pejabat Perpusnas RI Puji Kepemimpinan Bunda Nunung

Baca juga: LDII Tanahlaut Sembelih 81 ekor Hewan Kurban, Pendistribusian Daging Gunakan Tas Purun

Tim PDWA ULM juga melakukan pendekatan dengan beberapa metode, di antaranya dari aspek sosial budaya, lingkungan, mutu layanan atau kehidupan bermasyarakat.

Diharapkan PDWA tersebut nantinya dapat meningkatkan pendapatan guru, dan tenaga kependidikan.

"Peralatan dalam program ini nantinya juga akan kami hibahkan, semoga mereka bisa mengembangkan keterampilan dalam berwirausaha," ucap Dr Ir Muhammad Fauzi.

Dengan Program Dosen Wajib Mengabdi ini juga diharapkan terjadi diseminasi pengetahuan dan keterampilan, sehingga akan berdampak pada peningkatan dan kualitas produk yang dihasilkan.

Tim PDWA Fakultas Pertanian ULM bersama guru dan tenaga kependidikan SDI Anak Ceria.
Tim Program Dosen Wajib Mengabdi (PDWA) Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat (ULM) bersama guru dan tenaga kependidikan di SDI Anak Ceria Banjarbaru.

"Yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan mitra dari kegiatan kewirausahaan ini," harapnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Muhammad Rahmadi)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved