Kabar Kampus Politala

Politala Jadi Tuan Rumah Rakor Direktur Politeknik Negeri se-Indonesia

Keberadaan Politala kian menguat di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dan bahkan di tingkat nasional.

Penulis: Idda Royani | Editor: Eka Dinayanti
SIHABUDDIN CHALID UNTUK BPOST GROUP
Peserta Rakor Direktur Politeknik Negeri se-Indonesia menyimak paparan marasumber Wikan Sakarinto. Rakor digelar di lantai 3 Gedung Kuliah Terpadu Politala, Kamis (14_7) siang. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala) terus berupaya memperkuat dan memperluas kapasitasnya.

Eksistensinya pun kian menguat di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dan bahkan di tingkat nasional.

Catatan banjarmasinpost.co.id, Jumat (15/7/2022), berdasar survei Webometric, Politala saat ini berada dalam 10 besar terbaik politeknik se-Indonesia.

Padahal perguruan tinggi di Kabupaten Tanah Laut (Tala) ini baru berusia 12 tahun.

Kini satu-satunya kampus di Bumi Tuntung Pandang ini melekatkan slogan/branding Politala JUARA yaitu Jujur, Unggul, Agamis, Ramah, dan Atraktif.

Peserta Rakor Direktur Politeknik Negeri se-Indonesia menyimak paparan marasumber Wikan Sakarinto. Rakor digelar di lantai 3 Gedung Kuliah Terpadu Politala, Kamis (14_7) siang..
Peserta Rakor Direktur Politeknik Negeri se-Indonesia menyimak paparan marasumber
Wikan Sakarinto. Rakor digelar di lantai 3 Gedung Kuliah Terpadu Politala, Kamis (14_7) siang..
(SIHABUDDIN CHALID UNTUK BPOST GROUP)

Pada Rabu kemarin, Politala juga tampil sebagai tuan rumah Rakor Forum Direktur Politeknik Negeri se-Indonesia.

Kegiatan yang berlangsung di lantai 3 Gedung Kuliah Terpadu tersebut berjalan lancar dan sukses.

Tiga orang narasumber ternama dihadirkan pada acara penting tersebut yaitu Dr Beny Beny Bandanadjaja ST MT (direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi, Ditjen Pendidikan Vokasi, Kemendikbud Ristek).

Lalu, Dr Wikan Sakarinto ST MSc PhD (pakar pendidikan vokasi), dan Uuf Brajawidagda PhD (direktur Politeknik Batam).

Beberapa jam sebelumnya, Wikan juga telah lebih dulu memberi pencerahan kepada jajaran kelapa SMK se-Kalsel terkait kurikulum Merdeka Belajar di Gedung Teknologi Informatika setempat.

Rakor Direktur Politeknik Negeri se-Indonesia tersebut juga dihadiri Ketua Dewan Penyantun Politala Dr H Syihabuddin Chalid, seluruh dosen dan pejabat non struktural di Politala, dan seluruh kepala SMK se-Kalsel

Kepada para tamu pentingnya, Direktur Politala Dr Hj Mufrida Zein SAg MPd mengatakan dirinya sangat senang dan bangga bisa dikunjungi oleh para direktur Politeknik Negeri se-Indonesia, terutama yang telah mengelola politeknik yang lebih senior, lebih tua.

Apalagi kehadiran tersebut juga berbarengan dengan ajang Porseni mahasiswa politeknik se-Indonesia di Kota Banjarmasin.

DIREKTUR Politala Dr Hj Mufrida Zein (tengah) foto bersama para direktur politeknik negeri se-Indonesia di kampus Politala, Kamis (14_7) siang.
DIREKTUR Politala Dr Hj Mufrida Zein (tengah) foto bersama para direktur politeknik negeri
se-Indonesia di kampus Politala, Kamis (14_7) siang
(SIHABUDDIN CHALID UNTUK BPOST GROUP)

"Kami mencoba meminta kepada teman-teman direktur untuk bisa wisata ke Tanah Laut. Sekaligus mendapat pencerahan dari para Narasumber yaitu Bapak Beny Bandanadjaja (yang sudah ketiga kali ke Tala), Pak Wikan Sakarinto yang untuk kedua kali kunjungan ke Politala, dan Uuf Brajawidagda," ucap Mufrida.

Tujuan pertemuan, sebutnya, tidak lain untuk silaturahmi memperkuat forum direktur dalam peningkatan prestasi dan kompetensi mahasiswa, melalui pembelajaran berdasarkan project based learning (PBL).

Sekadar diketahui, Problem Based Learning (PBL) diartikan sebagai pembelajaran berbasis masalah yaitu jenis model pembelajaran yang melibatkan siswa dalam suatu kegiatan (proyek) untuk menghasilkan suatu produk

"Karena itu kami mengajak bersama sama dengan SMK, mari kita samakan persepsi tentang metode PBL ini sebagai suatu perubahan belajar yang sesuai dengan prinsip Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka," tandas Mufrida. (AOL)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved