Btalk

BTALK Mom & Kids : Siswa Baru Tak Perlu Malu

Mom & Kids yang menghadirkan Rika Vira Zwagery MPsi Psikolog Dosen Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran ULM

Penulis: Salmah | Editor: Hari Widodo
Capture Youtube BPost
Mom & Kids yang menghadirkan Rika Vira Zwagery MPsi Psikolog Dosen Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Univeristas Lambung Mangkurat membahas seputar Siswa Baru tak Perlu Malu pada Sabtu 16 Juli 2022 pukul 16.00 Wita. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Tahun ajaran baru telah tiba.  Anak yang menjadi siswa baru TK, SD, SMP, SMA menjadi perhatian khusus orangtuanya, terlebih bagi anak yang baru masuk TK dan SD.

Tak sedikit orangtua yang sibuk karenanya. Ayah dan ibu saling dukung untuk anaknya. Lalu bagaimana sikap orangtua menghadapi anak yang sudah masuk sekolah dan sulit membaur dengan anak lain?

Mom & Kids yang menghadirkan Rika Vira Zwagery MPsi Psikolog Dosen Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Univeristas Lambung Mangkurat membahas seputar Siswa Baru tak Perlu Malu pada Sabtu 16 Juli 2022 pukul 16.00 Wita.

Perbincangan Mom & Kids yang dipandu Jurnalis Banjarmasin Post, Tania Anggrainy ini ditayangkan langsung dan bisa disimak ulang di kanal Youtube Banjarmasin Post News Video, Instagram Banjarmasin Post dan Facebook BPost Online.

Baca juga: BTalk, Cara Aman dan Sehat Konsumsi Daging

Baca juga: BTalk, Anjuran dr Balina Eriawati di Banjarmasin Mengenai Badan Langsing dan Sehat

Diakui Rika memang di awal tahun ajaran baru ini ia banyak menerima para ibu-ibu yang konsultasi persiapan anaknya masuk sekolah. 

"Anak yang sudah lama libur dan masuk sekolah lagi, harus kembali menyesuaikan diri. Membangun semangatnya itu perlu dukungan orangtua," terang Rika.

Apalagi bagi anak yang masuk di sekolah baru. Perlu beberapa penyesuaian agar bisa nyaman di sekolahnya dan bergaul dengan teman-teman baru.

Terutama bagi anak berkepribadian introvert yang cenderung menyukai kondisi yang tenang, senang menyendiri, reflektif terhadap apa yang mereka lakukan. Mereka memiliki kecenderungan untuk menjauhi interaksi dengan hal-hal baru.

"Berbeda dengan anak extrovert yang secara psikolgis lebih menyukai lingkungan yang interaktif. Mereka cukup antusias dalam hal baru dan senang bergaul," kata Rika.

Anak introvert akan lebih lama penyesuaiannya. Perlu mengobservasi dan mengamati paling tidak 4-5 hari. Anak ekstrovert mungkin dalam sehari sudah mampu punya banyak teman dan menyesuaikan lingkungan sekolah.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved