Tajuk

Mafia Tanah Rambah BPN

Jika mafia tanah sudah merambah ke BPN, siapa lagi yang bisa dipercaya? Karena BPN adalah garda terakhir penjamin kepemilikan masyarakat atas lahan.

Editor: Eka Dinayanti
net
ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID - MAFIA tanah menjadi salah satu topik yang tengah ramai di Tanah Air. Persoalan ini muncul ke permukaan setelah sejumlah artis mengaku sebagai korbannya.

Ada Nirina Zubir, Tamara Bleszynski dan Kartika Putri. Karena artis, beritanya pun dengan cepat menjadi heboh. Hampir setiap hari ada saja beritanya.

Sebenarnya ini bukan hal baru. Persoalan tanah terjadi di hampir semua wilayah. Di perkotaan yang relatif tertib administrasi saja terjadi, apalagi di daerah pelosok.

Ada yang bisa memperjuangkan hak miliknya, ada pula yang hanya bisa pasrah. Ketidakmampuan mengurus dokumen kepemilikan menjadi penyebabnya.

Kalau pun telah memegang sertifikat bukan berarti aman. Banyak terjadi tumpang-tindih sertifikat. Hal ini karena ada tangan-tangan yang bermain di Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Polda Metro Jaya baru-baru ini menangkap 30 tersangka kasus mafia tanah di Jakarta dan Bekasi.

Mereka berasal dari berbagai latar belakang. Dari masyarakat sipil hingga pejabat BPN. Setidaknya ada 13 oknum BPN yang ditetapkan sebagai tersangka.

Jika mafia tanah sudah merambah ke BPN, siapa lagi yang bisa dipercaya? Hal ini karena BPN adalah garda terakhir penjamin kepemilikan masyarakat atas lahan.

Dalam wawancara eksklusif yang diterbitkan Banjarmasin Post edisi Senin (18/7), Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/BPN Raja Juli Antoni mengatakan pihaknya ingin menertibkan transaksi pertanahan di bawah tangan. Pembuatan sertifikat juga harus transparan.

Masalah tanah memang menjadi perhatian Presiden Joko Widodo. Makanya beliau menunjuk mantan Panglima TNI Jenderal Purn Hadi Tjahjanto sebagai Menteri ATR/BPN. Diperlukan ketegasan dalam mengurus pertanahan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved