Ekonomi dan Bisnis

Sebanyak 600 Produk UMKM Kalsel Akan Ditampilkan di Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia

Event Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) akan diadakan di Taman Siring 0 KM, Kota Banjarmasin, melibatkan 600 UMKM Kalsel.

Penulis: Nurholis Huda | Editor: Alpri Widianjono
BANJARMASINPOST.CO.ID/NURHOLIS HUDA
Konferensi pres mengenai rencana pelaksanaan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI), Rabu (20/7/2022), dijadwalkan dihadiri Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Kelautan dan Perikanan Ri, Sakti Wahyu Trenggono. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) akan menjadi tuan rumah Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) di Taman Siring 0 Km Kota Banjarmasin.

Sebanyak 600 UMKM Kalimantan Selatan (KaLsel) akan memeriahkan event GBBI ini yang berlangsung mulai Jumat (22/7/2022) sampai Minggu (24/7).

Dua menteri dijadwalkan akan hadir, yaitu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Sakti Wahyu Trenggono

"Pak Menteri Marves Pak Luhut konfirmasi akan hadir. Karena, beliau adalah komandan di Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Beliau yang akan membuka acara Gernas BBI," kata Direktur Pemasaran Ditjen Peningkatan Daya Saing Produk Kelautan & Perikanan (PDSPKP), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, Erwin Dwiyana, Rabu (20/7/2022). 

Dijelaskan dia, Kegiatan GBBI mengusung tema, “Jelajahi Warna-Warni Kalimantan Selatan.” Harapan yang ada, selama tigga hari acara ini bisa membawa implikasi posittif untuk UMKM di Kalsel dan juga nasional. 

Baca juga: BTalk, Ayo Pilih Rumah Impian di REI Expo Duta Mal Banjarmasin

Baca juga: Terkait Dugaan Suap IUP di Tanahbumbu Kalsel, Hari Ini Adik Mardani Diperiksa KPK

"Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat Indonesia mencintai dan menggunakan karya anak bangsa, utamanya produk atau jasa dari UMKM lokal. Ini demi mendorong penguatan pertumbuhan ekonomi nasional melalui penguatan UMKM, termasuk industri kecil dan menengah, " ujarnya.

Dijelaskan dia, acara ini adalah rangsangan agara UMKM di Kalsel bisa lebih termotivasi untuk mengembangkan dan memasarkan produknya. 

"Saya kira banyak sekali potensi lokal yang bisa dikembangkan termasuk UMKM produk sektor ikan dan turunannya, semisal abon ikan dan keripik ikan khas saluang dan sejenisnya yang jarang ditemukkaan di luar Kalsel," imbuhnya. 

Disebutnya, even tersebut merupakan kolaborasi antara Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) selaku Campaign Manager, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan. 

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan, Imam Subarkah, menyampaikan, kegiatan ini perluu didorongg untuk memajjukan UMKM Kalsel naik kelas serta bangga buatan peodu lokal.

Baca juga: Temuan Mayat di Batakan Kabupaten Tanahlaut Kalsel, Hujan Persulit Petugas Lakukan Evakuasi

Baca juga: Evakuasi Mayat di Batakan Tanahlaut Kalsel Lewat Perairan Gagal, Petugas Coba Jalur Darat Naik Trail

Baca juga: BREAKING NEWS : Warga Batakan Kabupaten Tanahlaut Kalsel Heboh, Ditemukan Mayat dalam Kondisi Begini

"Bank  Indonesia dalam membina UMKM cukup intestif. Termasuk telah melakukan kurasi ke lebih dari 500 UMKM
Unggulan Kalimantan Selatan dan telah menghasilkan 65 UMKM lolos kurasi untuk dilakukan pendampingan di tahun 2022. Termasuk, perluasan akses pasar ke Jepang melalui kegiatan Program Akselerasi UMKM Berorientasi Ekspor atau Pamor Borneo pada Agustus 2022 di Jepang," urainya. 

Selain itu, sudah dilakukan Karya Kreatif Banua pada Februari 2022 bekerja sama dengan Shopee dan Tokopedia, Roleplay Onboarding UMKM, capacity building onboarding dengan ride-hailing applications seperti Grab dan Gojek.

Selain itu, coaching clinic onboarding UMKMmitra/binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan.

"Berbagai bentuk pendampingan ini dilakukan selaras dengan tujuan utama pengembangan skema program BBI 2022, yaitu tidak hanya pencapaian target jumlah onboarding, namun juga peningkatan transaksi penjualan," urai Imam Subarkah. 

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved