Opini Publik

Antisipasi Resesi Ekonomi Indonesia

Berdasarkan data survei terbaru yang dilakukan oleh Bloomberg, ada 15 negara Asia yang berpotensi mengalami resesi ekonomi.

Editor: Eka Dinayanti
istimewa
Haris Zaky Mubarak MA 

Oleh: Haris Zaky Mubarak, MA, Eksekutif Peneliti Jaringan Studi Indonesia

BANJARMASINPOST.CO.ID - MASALAH resesi ekonomi global telah menjadi peringatan keras bagi banyak negara dunia termasuk Indonesia. Pemerintah Indonesia bahkan secara terbuka menyatakan sikap waspada terhadap resesi ekonomi. Berdasarkan data survei terbaru yang dilakukan oleh Bloomberg, ada 15 negara Asia yang berpotensi mengalami resesi ekonomi. Dalam survei itu, Indonesia berada di peringkat 14 dengan persentase 3 persen. (Bloomberg, 2022). Meskipun memiliki potensi resesi ekonomi yang rendah namun pemerintah Indonesia tetap perlu waspada.

Selaras dengan perkembangan data survei Bloomberg, Internasional Moneter Fund (IMF) bahkan telah mewanti-wanti akan semakin terdesak karena prospek ekonomi global kian gelap. Kasus negara Sri Lanka yang mengalami ketidakstabilan ekonomi dan sosial baru-baru ini menempati posisi pertama negara yang berpotensi mengalami resesi dengan presentase 85 persen, menyusul New Zealand 33 %, Korea Selatan dan Jepang dengan presentase 25 %. Sedangkan China, Hongkong, Australia, Taiwan dan Pakistan dengan presentase 20 % , Malaysia 13 %, Vietnam dan Thailand 10 % , Filipina 8 % , Indonesia 3

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved