Mardani Tersangka KPK

Upaya Tangkap Mardani H Maming, KPK Minta Bantuan Bareskrim Polri

Upaya penangkapan terhadap Mardani H Maming terus dilakukan KPK. Minta bantuan Bareskrim Polri pun sudah dilakukan.

Editor: M.Risman Noor
banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody
Mantan Bupati Tanbu, Mardani H Maming memberikan keterangan pasca bersaksi pada sidang perkara dugaan tipikor pengalihan IUP di Pengadilan Tipikor Banjarmasin, Senin (25/4/2022). Kini Mardani statusnya buron KPK. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Upaya penangkapan terhadap Mardani H Maming terus dilakukan KPK. Minta bantuan Bareskrim Polri pun sudah dilakukan.

KPK sudah resmi berkirim surat ke Bareskrim Polri untuk meminta bantuan dalam upaya menangkap Mardani  H Maming.

Sebelumnya KPK sudah sempat mendatangi apartemen Mardani di Jakarta namun tak menemukan tersangka yang kini masih menjabat bendahara umum PBNU.

Hingga akhirnya dua kali mangkir untuk diperiksa KPK, akhirnya ketua umum Hipmi ini ditetapkan sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO).

Baca juga: Brigita Manohara Tranfser Uang Rp480 Juta ke KPK, Honor dari Bupati Mamberamo Tengah

Baca juga: Badan Pengelola Tapera dan REI Audiensi dengan Pemprov Kalsel Bahas Rumah untuk MBR

"Hari ini KPK memasukkan tersangka ini dalam DPO dan paralel dengan itu KPK juga berkirim surat ke Bareskrim Polri untuk meminta bantuan penangkapan terhadap tersangka dimaksud," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Selasa (26/7/2022).

Hal itu lantaran tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi pemberian izin usaha pertambangan (IUP) di Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan tersebut sudah dua kali mangkir dari panggilan tim penyidik.

Ali mengatakan, KPK berharap politikus PDI Perjuangan sekaligus Bendahara Umum PBNU itu dapat kooperatif dan menyerahkan diri agar proses penegakkan hukum tindak pidana korupsi tidak terkendala.

Di samping itu, KPK menginginkan masyarakat yang memiliki informasi soal Maming, dapat menghubungi langsung KPK melalui call center 198 atau kantor kepolisian terdekat agar dapat segera ditindaklanjuti.

"Peran serta dan dukungan masyarakat dalam upaya penyelesaian perkara ini sangat dibutuhkan, karena kita semua tentu berharap penyelesaian perkara ini dapat dilakukan dengan cepat, efektif dan efisien," kata Ali.

KPK sebelumnya sudah berupaya mencari Maming di apartemennya di kawasan Jakarta Pusat, Senin (25/7/2022).

Namun, berdasarkan hasil pencarian, tim penyidik tidak berhasil menemukan Ketua Umum Hipmi itu di sana.

Tak Temukan Mardani Maming di Apartemen

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak berhasil menemukan tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi pemberian izin usaha pertambangan (IUP) di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan Mardani H Maming, di apartemen bilangan Jakarta Pusat.

Mardani H Maming, Ketua Umum HIPMI yang kini menjadi buron KPK.
Mardani H Maming, Ketua Umum HIPMI yang kini menjadi buron KPK. (istimewa)

Keberadaan Mardani H Maming hingga kini tidak diketahui. 

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved