Yayasan Adaro Bangun Negeri

Gelar Makan Sambil Beramal, Ponpes Miftahul Ulum Latih Kemandirian Santri

Yayasan Adaro Bangun Negeri melalui Program Adaro Santri Sejahtera (PASS) dukung kegiatan amal di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Kabupaten Tabalong.

YAYASAN ADARO BANGUN NEGERI
Pondok Pesantren Miftahul Ulum di Desa Bangkiling Raya, Kecamatan Banua Lawas, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan, menggelar kegiatan makan sambil beramal untuk melatih kemandirian santri, Selasa (26/7/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Pondok Pesantren Miftahul Ulum menggelar kegiatan makan sambil beramal, guna melatih kemandirian santri, Selasa (26/7/2022).

“Kegiatan makan sambil beramal ini adalah wadah bagi santri untuk melatih kemandirian, dalam hal ini bersosialisasi dengan masyarakat serta mengelola usaha yang menghasilkan untuk kepentingan bersama di Pondok Pesantren,” kata KH Ahmad Satar, Pimpinan Ponpes Miftahul Ulum.

Abah guru sapaan akrab Pimpinan Ponpes Miftahul Ulum ini juga menjelaskan hasil yang didapatkan pada kegiatan tersebut akan digunakan untuk pembangunan asrama putra yang sebelumnya sudah dibangun 1 buah pada 2021.

Ponpes yang berlokasi di Desa Bangkiling Raya, Kecamatan Banua Lawas, berjarak sekitar 45 kilometer dari Ibu Kota Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, ini memiliki aset sosial berupa semangat gotong royong yang sangat besar.

Contohnya saja, pada kegiatan kali ini melibatkan para santri, ustaz serta masyarakat sekitar yang bergotong royong melakukan penyembelihan ayam, pembuatan hidangan, dan persiapan tempat acara.

Kegiatan makan sambil beramal di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Tabalong 26072022.
Kegiatan makan sambil beramal, guna melatih kemandirian santri di Pondok Pesantren Miftahul Ulum di Desa Bangkiling Raya, Kecamatan Banua Lawas, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan, Selasa (26/7/2022).

Abdul Gafur Kepala Desa Bangkiling Raya yang hadir dalam kegiatan ini mengungkapkan rasa senang atas antusiasme yang tinggi dari masyarakat sekitar Ponpes dan juga tamu undangan yang datang.

“Kegiatan makan sambil beramal hari ini Alhamdulillah ramai dihadiri masyarakat dan tamu undangan,” ujar Gafur.

Terdapat kurang lebih 500 porsi makanan yang disiapkan dengan menu yang beragam seperti sop, paliat patin, ayam goreng, nila lalapan dan lain-lain dengan harga yang sangat terjangkau Rp 25 ribu per porsi.

Ikan nila dan patin yang menjadi menu hidangan dalam kegiatan ini merupakan hasil dari budidaya yang dikelola santri di Miftahul Ulum dan masyarakat sekitar ponpes.

Melalui Program Adaro Santri Sejahtera (PASS) Ponpes Miftahul Ulum dibina oleh Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) sejak 2018.

Suasana kegiatan makan sambil beramal di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Tabalong.
Suasana kegiatan makan sambil beramal, guna melatih kemandirian santri di Pondok Pesantren Miftahul Ulum di Desa Bangkiling Raya, Kecamatan Banua Lawas, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan, Selasa (26/7/2022).

Dalam perkembangannya, budi daya ikan ini tidak saja dilakukan oleh ponpes tetapi telah berkembang di masyarakat sekitar.

Dalam kesempatan ini, YABN juga turut serta hadir untuk ikut berpartisipasi meramaikan dan juga membeli makanan.

Hal ini sebagai bentuk dukungan serta dorongan untuk melatih kemandirian santri dalam berwirausaha yang juga merupakan tujuan dari program PASS.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Ponpes Miftahul Ulum ini dan semoga apa yang dicita-citakan untuk menghasilkan santripreneur dapat tercapai” pungkas PIC Program PASS YABN , Ardiannor. (AOL/*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved