Kesehatan

Lawan Penyakit di Masa Pancaroba, Begini Saran dr Meldy Muzada Elfa

Pada masa perubahan cuaca ini, tak sedikit masyarakat yang mengeluh sakit terutama flu, batuk atau penyakit lainnya.

Penulis: Achmad Maudhody | Editor: Eka Dinayanti
dok banjarmasin post
Dr Meldy Muzada Elfa SpPD 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Suhu udara lebih dingin pada malam menjelang pagi hari mulai dirasakan di sejumlah daerah di Indonesia termasuk di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Fenomena ini biasanya menandai puncak musim kemarau dan memasuki pancaroba.

Pada masa perubahan cuaca ini, tak sedikit masyarakat yang mengeluh sakit terutama flu, batuk atau penyakit lainnya yang bukan tidak mungkin mengganggu aktivitas sehari-hari.

Kenapa masa pancaroba bisa menyebabkan banyak orang sakit, menurut Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr. H. Meldy Muzada Elfa, Sp. PD, FINASIM hal ini disebabkan perubahan suhu ekstrem.

Baca juga: Waspadai Penyakit di Musim Pancaroba, Intip Saran dr Reisa Broto Asmoro

Suhu yang panas saat siang dan turun drastis saat malam khususnya jelang pagi bisa menyebabkan peradangan di hidung karena alergi musiman.

"Pada saat perubahan cuaca misalnya siang hari panas dan malam menjadi sangat dingin, hal ini dapat mengiritasi saluran pernafasan atas antara lain rongga hidung yang menyebabkan kita menderita pilek dan bahkan bisa sampai terjadi infeksi." ujarnya.

Bagi yang memiliki riwayat alergi dingin, suhu dingin ini kaa dia akan menyebabkan tersumbat pada rongga hidung, hidung berair dan bersin-bersin.

Terkadang suhu dingin juga bisa menyebabkan sistem imun turun sehingga virus menguasai area hidung dan menyebabkan infeksi saluran pernafasan atas (ISPA).

Mengantisipasi hal itu kata dr Meldy, sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh di masa pancaroba.

Hal sederhana yang bisa dilakukan adalah menjaga pola makan yang sehat dan bergizi, perbanyak konsumsi buah, berolah raga teratur dan minum air putih.

"Bagi yang memiliki alergi dingin, jika keluar rumah di pagi hari yang masih dingin, wajib menggunakan jaket. Dan jika ingin mandi, sebaiknya ditunggu hari agak siangan dulu agar tidak terlalu dingin, atau bisa menggunakan air hangat," tutup dr Meldy.

( Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved