Kriminalitas Kalbar

Angkut Kayu Durian, Truk di Kalbar Ini Diamankan Petugas Satreskrim Polres Melawi

Satu unit truk bermuatan kayu durian diamankan petugas Satreskrim Polres Melawi di Jalan Provinsi Nanga Pinoh-Sintang wilayah Desa Batu Buil

Editor: Hari Widodo
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA/Dok. Humas Polres Melawi
Petugas Satresreskrim Polres Melawi mengamankan 1 unit truk pengangkut kayu jenis durian beserta sopir AM alias H (45) di Jalan Provinsi Nanga Pinoh-Sintang wilayah Desa Batu Buil, Kecamatan Belimbing, Kabupaten Melawi Senin 25 Juli 2022 lalu.  

BANJARMASINPOST.CO.ID, MELAWI - Satu truk bermuatan kayu diduga ilegal diamankan personel Satreskrim Polres Melawi  di Jalan Provinsi Nanga Pinoh-Sintang wilayah Desa Batu Buil, Kecamatan Belimbing, Kabupaten Melawi Provinsi Kalimantan Barat pada Senin 25 Juli 2022 lalu.

Sopir truk bermuatan kayu durian berinisial H (45) juga turut diamankan oleh petugas.

Kapolres Melawi, AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto membenarkan 1 unit truk pengangkut kayu jenis durian beserta sopir AM alias H (45) diamankan anggotanya di Jalan Provinsi Nanga Pinoh-Sintang wilayah Desa Batu Buil, Kecamatan Belimbing, Kabupaten Melawi Senin 25 Juli 2022 lalu.

“Truk bernomor Polisi KB 1906 AM  yang diamankan adalah kendaraan berjenis Mitsubishi Canter yang membawa muatan kayu durian olahan dari Desa Nanga Pintas, Kecamatan Pinoh Selatan,” ujar Kapolres. Kamis 28 Juli 2022.

Baca juga: Terancam Dipecat, Oknum Anggota Polres HSU Pemilik Kayu Ilegal Ternyata Sudah Lama Desersi

Baca juga: Video Dit Polairud Polda Kalsel Gagalkan Pengiriman Kayu Ilegal, 2 Kapal Pengangkut Kayu Diamankan

Dikatakan Kapolres, pengamanan tersebut berdasarkan Laporan Polisi LP/A/69/VII/2022.SPK Sat Reskrim Polres Melawi tanggal 15 Juli 2022.

Kapolres merinci, barang bukti yang diamankan kayu durian sebanyak 233 batang/keping dengan rincian ukuran 11x11x4 M sebanyak 160 batang.6x11x4 M sebanyak 42 batang.

Dijelaskan Kapolres, berdasar hasil koordinasi dengan pihak kantor UPT KPH Kabupaten Melawi telah dilakukan pelimpahan berkas Perkara kepada kasie perencanaan dan pemanfaatan hutan Tempius,S.Hut,M.M.

terkait pengangkutan kayu olahan. Ini merupakan kayu olahan yang bahan dasarnya berasal dari kayu budi daya tanpa dilengkapi Surat Angkut Kayu Rakyat (SAKR).

Tambahnya, sebagai mana dimaksud dalam pasal 286 dan 287 Permen Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI nomor 8 tahun 2022 tentang tata hutan dan penyusunan rencana pengelolaan hutan serta pemanfaatan di hutan lindung dan hutan produksi.

Baca juga: Dishut Kalsel Musnahkan 96 Balok Kayu Ilegal yang Ditemukan di Hantakan Kabupaten HST

“Kami tegas dan akan memproses setiap tindakan ilegal loging di wilayah hukum Polres Melawi. Kami akan selalu melakukan koordinasi dengan instansi terkait dalam penegakan hukum terhadap pelaku ilegal loging di Kabupaten Melawi,” tegasnya.

Saat ini, pihak kepolisian sedang melakukan proses penyidikan lebih lanjut terkait kasus tersebut. (*)


Artikel ini telah tayang di TribunPontianak.co.id dengan judul Sebuah Truk Bermuatan Ratusan Kayu Diamankan Sat Reskrim Polres Melawi

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved