tajuk

Birokrasi Bebas Korupsi

Bimtek pemberantasan korupsi tidak jadi seremoni semata, tapi juga diimplementasikan ke tingkat yang lebih bawah.

Editor: Eka Dinayanti
Prokopimda Batola
Bupati Barito Kuala Hj Noormiliyani AS saat berjabat tangan dengan Firli Bahuri, Ketua KPK pada Bimtek Peningkatan Kapabilitas dan Pemberdayaan Masyarakat Anti Korupsi di Hotel Rattan In Banjarmasin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - SUNGGUH kontras bila membaca Banjarmasin Post edisi Kamis (28/7/2022).

Di saat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembinaan Peran Serta Masyarakat dalam pemberantasan korupsi di Banua, saat yang sama komisi antirasuah ini juga sedang mengejar tersangka korupsi yang merupakan salah satu bekas kepala daerah di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Memang tak ada kaitan secara langsung antara kegiatan yang dipimpin Ketua KPK Filri Bahuri dan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor tersebut.

Tetapi, ini menggambarkan bagaimana korupsi harus ditangani tak hanya dengan seminar, bimtek, FGD, atau apapun itu bentuk diskusinya, tetapi memang harus ditempuh penindakan secara langsung dan tegas.

Harus diakui, nama Kalsel cukup ‘dikenal‘ di KPK.

Sudah kesekian kalinya penyelenggara negara, ataupun kepala daerah menerima nasib meringkuk di jeruji penjara akibat aksi korup yang diendus KPK.

Dan seolah belum ada kata jera, para penyelanggara negara di Banua, ada saja yang masih mencoba bertindak curang.

Meskipun demikian, adanya bimtek yang juga diikuti semua kepala daerah di Kalsel ini paling tidak juga menjadi warning, bahwa KPK masih terus mengawasi kinerja para penyelenggara negara.

Sehingga harapannya bimtek pemberantasan korupsi tidak jadi seremoni semata, tapi juga diimplementasikan ke tingkat yang lebih bawah.

Harapan bahwa di Kalsel tercipta birokrasi yang bersih dan bebas korupsi, tak bisa dilakukan bila tidak ada keteladanan dan contoh dari pada pemimpinnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved