Berita Tanahbumbu

Pemkab dan Legislatif Tanbu Ekspose di Kemendagri, Kecamatan Pangeran Segera Terbentuk

Pemekaran itu ada di Kecamatan Kusan Hilir yang dibagi dua kecamatan dengan kecamatan barunya diberi nama Kecamatan Pangeran

Penulis: Man Hidayat | Editor: Hari Widodo
Fawa untuk BPost
Tim Eksekutif dan Legislatif Tanbu Saat Ekpose Pemekaran Kecamatan Pangeran di Kemendagri. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Pemekaran Kecamatan baru di Kabupaten Tanahbumbu, tak lama lagi bakal terwujud.

Belum lama tadi, jajaran Pemerintah Kabupaten Tanahbumbu bersama legislatif juga telah ekspose pemekaran di Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). 

Usulan pemekaran itu ada di Kecamatan Kusan Hilir yang dibagi dua kecamatan dengan kecamatan barunya diberi nama Kecamatan Pangeran

Ada sebanyak 9 desa yang diambil dari kecamatan kusan Hilir dan satu tambahan desa dari Kecamatan Kusan Hulu. 

Desa dari kecamatan Kusan Hilir yaitu Desa Betung, Pulau salak, Beringin, Barugelang, Sungai lembu, Gusunge, Wirittasi, Batuah, dan Pagarayung. Sementara satu desa dari Kusan Hulu, ada desa Harapan Jaya. 

Baca juga: Korupsi di Kalsel, Kades Barugelang Kusan Hilir Tanahbumbu Jadi Tersangka Penyalahgunaan Dana Desa

Baca juga: Bekuk Dua Pengedar Narkoba di Kusan Hilir Tanbu Kalsel, Polisi Sita 39 Paket Sabu

Baca juga: Mekarkan Kusan Hilir, Pemkab Tanbu Usulkan Nama Kecamatan Tanah Pangeran

"Kemarin kami berangkat bersama Asisten Bidang Pemerintahan Hj Mariani, Kabag Pemerintah, Ismail, 2 orang dari tim Tapem Provinsi, dan Anggota Komite Perencanaan Pembangunan Daerah, Anwar Ali Wahab yang ikut di acara ekspose kecamatan baru, " kata Fawahisah Mahabbatan bersama Andi Asdar kepada banjarmasinpost.co.id, Minggu (31/7/2022). 

Pemekaran tersebut diusulkan untuk memaksimalkan pelayanan apalagi melihat geografis di kecamatan Kusan Hilir yang masih begitu luas danenjadi kecamatan tertua di Tanahbumbu. 

Menurutnya, seiring perkembangan dan sebagai penyanggga IKN, tujuan dasar pemekaran kecamatan pangeran adalah untuk meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat dengan mendekatkan kantor pemerintah kecamatan dengan desa bawahannya.

"Untuk sarana dan prasarana daerah kecamatan Pangeran, sudah disiapkan dengan ketersediaan lahan 7 hektar untuk kantor camat, rumah jabatan dan sarana prasarana pendukung lainnya, " katanya. 

Sementara itu, melihat letak desa, maka ibukota kecamatan dianggap pas di Desa Sungai Lembu yang berhadapan langsung dengan laut dan dekat dengan wisata Siring Pagatan. 

Anwar Ali Wahab menambahkan, pemekaran ini juga sekaligus menjadi persiapan penyangga ibukota negara dan tentunya ini akan berdampak bagi masyarakatnya. 

"Dampak lain yang kita harapkan dari pembentukan kecamatan pangeran ini adalah mempercepat pertumbuhan ekonomi disekitar pesisir pantai, " katanya. 

Terpisah, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Pemerintah Kabupaten Tanahbumbu, Ismail, saat dihubungi, mengatakan untuk saat ini proses pemekaran sudah ekspose. 

"Kemarin kami baru selesai ekspose di Kementrian Dalam Negeri, " katanya. 

Baca juga: VIDEO Wisata Kalsel: Eloknya Pantai di Perbatasan Kusan Hilir-Sungai Loban Tanbu, Ini Lokasinya

Setelah itu, menunggu tahapan selanjutnya hingga mendapatkan kode kecamatan. Namun sebelum itu, masih ada tahapan lainnya. 

"Setelah ini, tinjau lapangan dan sosialisasi oleh dirjen BAK Kemendagri, " pungkasnya.

Sekadar diketahui, sekarang ini Tanahbumbu miliki 12 Kecamatan. Yaitu kecamatan Batulicin, Simpangempat, Karang Bintang, Mantewe, Kusan Hilir, Kusan Hulu, Angsana, Sungai Loban Satui, Kusan Tengah dan Teluk Kepayang. (Banjarmasinpost.co.id/man hidayat) 

  • Berita Terkait :#Berita Tanahbumbu
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved