HSU Mantap

Komisi Pemiliihan Umum Hulu Sungai Utara Melaksanakan Sosialisasi Mengenai PKPU

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) sosialisasikan PKPU tentang pendaftaran, verifikasi dan penetapan parpol peserta Pemilu.

Penulis: Reni Kurnia Wati | Editor: Alpri Widianjono
PEMKAB HSU
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mengadakan sosialisasi dan rapat koordinasi di Kota Amuntai, Kalimantan Selatan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mengadakan kegiatan Sosialisasi dan Rapat Koordinasi.

Kegiatan di Aula KPU di Kota Amuntai, Kabupaten HSU, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), tersebut mengenai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 4 Tahun 2022.

Isinya tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum, Anggota DPR, DPRD serta Penggunaan dan Fungsi aplikasi Lindungi Hakmu.

Pada sosialisasi dan rapat koordinasi ini turut dihadiri Ketua KPU HSU dan para komisionernya, perwakilan Kodim 1001/HSU-Balangan, Polres HSU, Bawaslu serta partai politik yang ada di Kabupaten HSU.

Disampaikan Ketua KPU HSU, Rina Mei Saputri, pentingnya dilakukan sosialisasi dan rapat koordinasi tersebut untuk menyampaikan isi tentang PKPU nomer 4 tahun 2022 kepada stakeholder terutama kepada partai politik.

"Sosialisasi ini sangat penting kami lakukan untuk menyampaikan isi dari peraturan tersebut kepada stake holder khususnya partai politik yang mengikuti pemilu nantinya di tahun 2024," ucapnya.

Ia menambahkan, dalam sosialisasi tersebut disampaikan PKPU tentang tata cara pendaftaran, waktu pendaftaran hingga syarat-syarat partai politik yang akan menjadi calon peserta pemilu.

"Untuk pendaftaran akan dimulai dari tanggal 1-14 agustus yang mana pendaftaran dilakukan dengan satu pintu, yaitu melalui KPU RI, jadi untuk kabupaten tidak ada kegiatan tersebut," ujarnya.

Selain itu, Rina mengimbau kepada partai politik atau peserta pemilu agar lebih mempersiapkan diri dan melengkapi persyaratan yang ada.

"Kami imbau kepada partai politik atau peserta pemilu agar lebih mempersiapkan diri dan melengkapi persyaratan. Dan juga untuk seluruh masyarakat Kabupaten HSU, kami mengimbau untuk bisa memeriksa diri di aplikasi Lindungi Hakmu apakah sudah terdaftar di daftar pemilih berkelanjutan," ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengharapkan, melalui sosialisasi dan rapat koordinasi ini, stakeholder atau partai politik dapat mengetahui prosedur pada pendaftaran dalam verifikasi administrasi maupun verifikasi faktual.

"Tentu kita berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini seluruh stakeholder atau partai politik mengetahui apa saja yang nanti diperlukan dalam pendaftaran serta dalam verifikasi administrasi maupun verifikasi faktual," harapnya. (AOL/*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved