Tabalong Terdepan

Didapuk Jadi Narasumber BTalk Spesial HUT Ke-51 BPost, Bupati Tabalong Paparkan Pengembangan UMKM

Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani, memaparkan program peningkatan pelaku UMKM pada acara BTalk HUT ke-51 BPost, Selasa (2/8/2022).

Penulis: Dony Usman | Editor: Alpri Widianjono
PROKOPIM PEMKAB TABALONG
Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani, menjadi satu narasumber dalam program BTalk spesial HUT ke-51 BPost yang mengusung tema Kalsel Go To Global, Selasa (2/8/2022). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani menghadiri puncak peringatan HUT ke-51 Banjarmasin Post (BPost), Selasa (2/8/2022), di Aula Palimasan lantai 5 Gedung Djok Mentaya, Banjarmasin.

Bukan hanya hadir sebagai tamu, Bupati Tabalong juga didapuk sebagai satu narasumber dalam program BTalk spesial HUT ke-51 BPost yang mengusung tema Kalsel Go To Global.

BTalk ini menyertakan pula Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, Ketua MPR RI H Bambang Soesatyo dan Duta Besar RI untuk Kazakhsatan M Fadjroel Rachman, sebagai keynote speaker.

Sedangkan narasumber lainnya adalah akademisi ULM Arief Budiman dan owner PT Anakkayu Bangun Nusantara Irfani Adi Siswanto.

Dalam program BTalk spesial HUT ke-51 BPost yang ditayangkan secara live di youtube, IG dan FB ini, Bupati Tabalong memaparkan bagaimana potensi dan porgram pengembangan UMKM di Bumi Sarabakawa.

Bupati Tabalong anang Syakhfiani terima penghargaan dari pu bpost Rusdi Effendi AR 02082022.
Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani menerima penghargaan diserahkan Pemimpin Umum Banjarmasin Post, HG (P) Rusdi Effendi AR, Selasa (2/8/2022).

Bagaimana pula perjuangan mengubah perilaku konsumtif yang ada di masyarakat Kabupaten Tabalong menjadi produktif, tanpa harus selalu bergantung pada sektor pertambangan.

Disampaikannya, dalam pengembangan UMKM, selain melakukan pembinaan saat ini Pemkab Tabalong juga memiliki program khusus dalam hal membantu permodalan bagi pelaku UMKM.

"Permodalan ini penting, kita bina UMKM nya kalau modalnya tidak ada, tidak akan bisa jalan," katanya.

Untuk itu, tanbahnya, saat ini ada mereka miliki BPR Tabalong Bersinar yang sudah mendapat gelontoran dari Pemkab Tabalong sebesar Rp 12 miliar lebih.

Dana itulah yang digunakan untuk berikan BPR Tabalong Bersinar bagi UMKM yang telah dilatih dan dibina melalui kredit Gerbang Emas dengan bunga 0 persen, dari Rp 5 juta sampai Rp 25 juta.

Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani, serahkan kue ulang tahun ke Pu bpost Rusdi 02082022.
Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani, serahkan kue ulang tahun ke 51 ke Pemimpin Umum Banjarmasin Post, HG (P) Rusdi Effendi AR, Selasa (2/8/2022).

“Kalau usaha mereka sudah berkembang ini akan kita limpahkan ke Bank Kalsel dan ke BRI lewat KUR dari Rp 50 juta sampai Rp 200 juta," tambahnya.

Selain pelatihan, pembinaan dan bantuan pemodalan, Pemkab Tabalong juga berupaya melakukan digitalisasi terhadap UMKM, baik untuk pemasaran maupun transaksi pembayaran.

Kemudian juga, terus melakukan kolaborasi dengan perusahaan-perusahaan swasta yang ada di Kabupaten Tabalong dengan sama-sama lakukan pengembangan UMKM.

"Tentunya semua itu juga harus didukung pembangunan di sektor lain, termasuk pertanian, karena hampir sebagian besar bahan baku ini dari pertanian, nah ini yang kami genjot habis-habisan sekarang," katanya.

Hal lain yang dilakukan, selain terus mengembangkan UMKM, Pemkab Tabalong juga menciptakan pasar, baik itu pasar lokal maupun pasar global.

Dengan apa yang telah dilakukan Pemkab Tabalong ini membuat pertumbuhan pelaku UMKM sangat signifikan, di tahun 2020 ada lebih dari 14.300 dan di tahun 2021 meningkat hampir 19 ribu pelaku UMKM.

Selain berdagang, pelaku UMKM ini ada yang memproduksi camilan-camilan, makanan minuman khas Tabalong, kerajinan dan lainnya. (AOL/*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved